Kucurkan Dana Hingga Rp15 Triliun

Facebook Bangun Data Center Baru di Singapura

Minggu, 09 September 2018 17:29:32
Reporter : -
Facebook Bangun Data Center Baru di Singapura

San Francisco (beritajatim.com) - Facebook dilaporkan telah mengucurkan dana sebesar US$1,02 miliar atau sekitar Rp15 triliun untuk membangun sebuah data center baru di Singapura.

Ini merupakan data center pertama Facebook di wilayah Asia, sekaligus data center mereka yang ke-15 di dunia.

CNET melaporkan, data center Facebook yang terletak di kawasan Jurong itu akan memiliki luas bangunan 170 ribu m2 yang terdiri dari 11 lantai.

Didesain khusus untuk kondisi cuaca Singapura yang lembap, data center baru ini dilengkapi StatePoint Liquid Cooling System yang menggunakan air untuk mendinginkan udara.

Facebook juga berencana sepenuhnya menggunakan energi terbarukan sebagai sumber listrik dari data center tersebut. Oleh karena itu, Facebook berusaha menambah sumber energi terbarukan mereka di Singapura.

Data center baru anyar ini juga didesain sedemikian rupa sehingga udara akan bisa masuk.

"Pertumbuhan pengguna di Asia sangat cepat dan membuat data center di benua itu akan memungkinkan kami memberikan layanan yang lebih baik pada pengguna," kata Thomas Furlong, Vice President of Infrastructure Data Centers Facebook.

Ada sejumlah alasan bagi Facebook untuk memilih Singapura sebagai lokasi data center baru mereka. Salah satunya adalah karena negara itu memiliki jaringan infrastruktur dan jaringan broadband kabel fiber yang memadai. Selain itu, peraturan pemerintah Singapura pun cenderung ramah pada para pelaku bisnis.

Data center ini akan mulai beroperasi pada 2022, ketika Facebook memasukkan server pertama mereka di sana. [inilah.com]

Tag : facebook

Berita Terkait

Komentar

Kanal Teknologi