Semen Indonesia Gelar Pelatihan

Warganet Diajak Bijak Bersosial Media

Jum'at, 27 Juli 2018 07:31:44
Reporter : M Muthohar
Warganet Diajak Bijak Bersosial Media

Tuban (beritajatim.com) - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menggelar pelatihan untuk pegiat media sosial sebagai salah satu upaya mencegah hoaxs dan mengajak masyarakat untuk bijak bermedia sosial, Kamis (26/7/2018).

Kegiatan dengan tema "Tuban Bicara Baik" berlangsung di ruang Sinabung, Gedung Auditorium Kantor Semen Gresik Tuban, Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek. Acara tersebut diikuti puluhan pegiat media sosial dari Tuban, Rembang, Lamongan dan juga Bojonegoro.

Pelatihan ini dilakukan sebagai ajang media sharing dan berbagi pengetahuan warganet yang ada di Tuban dan juga kabupaten lainnya.

"Sebelumnya, acara serupa sudah kita lakukan di Rembang dan Surabaya. Ini merupakan kegiatan untuk meneruskan kampanye bicara baik di media sosial," terang Sigit Wahono, Kepala Biro Hubungan Media PT Semen Indonesia.

Sigit menjelaskan, pelatihan yang dilakukan di Tuban itu berbeda dengan kegiatan sebelumnya. Pasalnya, selain mengikuti pelatihan untuk bijak dalam menggunakan media sosial, para peserta juga diajak keliling perusahaan semen tersebut. Yakni untuk melihat secara langsung pengelolaan lahan pasca tambang.

"Mereka kita ajak untuk melihat secara langsung proses produksi semen dan pengelolaan lahan pasca tambang. Ini untuk memberikan pengetahuan kepada para peserta mengenai industri persemenan," tambahnya.

Dengan adanya pelatihan itu diharapkan para pengguna media sosial lebih bijak menyebarkan informasi–informasi yang positif dan bermanfaat. Sehingga hal tersebut bisa memerangi penyebaran berita bohong atau hoaks.

"Generasi muda yang masih dalam proses pendidikan harus mendapatkan perhatian utama dalam menghadapi persaingan utamanya di era digital saat ini. Di mana media sosial memiliki peran penting dalam kehidupan," tambahnya.

Pelatihan untuk warganet itu menghadirkan tiga pembicara yang selama ini dikenal sebagai pegiat media sosial. Yakni Dave Jephcott, yang dikenal sebagai Londo Kampong (Social media Influencer), Syafiq Pontoh (Social Media Expert), dan komika Fico Fachrezi. Nama terakhir ini turut meramaikan kegiatan, dengan stand-up comedi yang mengocok perut.

Dalam kesempatan itu, Syafiq pontoh, sebagai salah satu narasumber  mengatakan tentang pentingnya menjadi pengguna sosial media yang baik dan bijak. Pengguna sosial media juga harus menciptakan lingkungan positif dalam akun media sosialnya, agar konten yang muncul adalah konten yang baik.

"Jika kita sering menyebarkan berita tidak baik, informasi yang tidak baik, maka yang akan muncul pada sosial media kita juga yang tidak baik itu. Dan jika kita sering mendapatkan konten yang tidak baik, secara psikis akan memberikan pengaruh kurang baik bagi diri sendiri," ungkap Syafiq. [mut/suf]

Tag : hoax

Berita Terkait

Komentar

Kanal Teknologi