Raja Gadget Nokia Kembali Unjuk Gigi

Jum'at, 27 April 2018 03:23:31
Reporter : Renni Susilawati
Raja Gadget Nokia Kembali Unjuk Gigi

Surabaya (beritajatim.com) - Pernah menjadi rajanya gadget di Indonesia sebelum akhirnya Nokia menghilang dari pasar gadget, kini produsen asal Finlandia itu berupaya kembali merebut pasar gadget di Tanah Air.

Tahun ini Nokia kembali memasuki pasar Indonesia dengan memperkenalkan 4 gadget terbaru mereka sekaligus. Yakni Nokia 2, Nokia 3, Nokia 5 dan Nokia 6. Harga ke empat jenis Nokia ini dibandrol mulai dari harga Rp 1,2 jutaan hingga Rp 2,8 jutaan.

Miranda Warokka, Head of Marketing HMD Indonesia, perusahaan pemegang lisensi Nokia di Indonesia, mengakui saat ini pasar smartphone banyak mengalami pergeseran. Produk yang lagi trend selalu mampu mempengaruhi persepsi konsumen dalam membeli. Tak heran jika Chinese brand merajai pasar gadget Tanah Air dalam 5 tahun terakhir ini.

"Namun kami tal gentar, karena kami punya beberapa strategi yang mampu membuat kami kembali berada di posisi market share yang dulu," ungkap Miranda optimistis, saat meet up media Nokia di Surabaya, Kamis (26/4/2018).

Strategi yang disiapkan adalah  mulai dari marketing yang lebih gencar lagi, branding produknya yang akan memaksimalkan promo melalui online maupun offline hingga targeting yang lebih besar lagi.
"Ini baru tahap awal pertempuran dan tim Nokia sejak dulu memang sudah terbiasa dan teruji menghadapi persaingan pasar," tegasnya.

Miranda menyebutkan bahwa penjualan terbesar mereka saat ini berada di Jabodetabek yang menjadi penyumbang penjualan 30 persen hingga 40 persen. Sedangkan untuk penjualan online Nokia masih minim hanya 10 sampai 15 persen saja, sebab Nokia belum punya produk khusus pasar online.

Namun Miranda yakin dengan seri N yang mereka keluarkan saat ini akan mampu menjadi pesaing yang tangguh sebab dengan jaminan spesifikasi produk yang lebih tinggi, harga yang ditawarkan justru lebih miring.

Salah satunya adalah Nokia 3 dengan tagline "Asyik Selfinya" sudah dilengkapi dengan bingkai aluminium yang dirancang secara presisi dari satu blok aluminium, layar 5" yang dilapisi Corning Gorilla Glass dan kamera 8MP (depan dan belakang) wide angle yang terintegrasi dengan sempurna. Bisa menangkap gambar dengan sudut yang lebih luas dari jarak yang lebih dekat.

Meskipun begitu objek yang ditangkap kamera dalam keadaan pencahayaan ruang yang kurang mendukung, masih kurang maksimal jika dibanding gadget lain dengan harga yang hampir sama.

Irvan Hasibuan, Head Trainer HMD Indonesia mengaku Nokia memang tidak menambahkan berbagai efek khusus pada kamera mereka. Tujuannya agar software smartphone Nokia tidak terbebani dengan berbagai efek yang tidak dibutuhkan.

"Kami menampilkan experience kamera yang riil, apa adanya. Jadi memang tidak ada hasil jepretan kamera Nokia 3 bahkan Nokia 6 ini yang membuat wajah tampak sangat putih sekali atau tirus sekali sehingga objek tampak seperti bukan diri mereka sendiri," beber Ivan.

Jika Nokia 3 diciptakan khusus untuk selfi maka Nokia 5 dan Nokia 6 diciptakan untuk profesional yang sudah menggunakan Android 8.1 Oreo. Kini pengguna Nokia dapat menikmati versi Android Oreo yang murni dan aman, dikemas dengan fitur-fitur terbaru untuk membuat kegiatan berkreasi dan berbagi konten menjadi lebih menyenangkan.

"Kami bangga dapat memenuhi janji untuk selalu memberikan pembaruan tepat waktu dengan ketersediaan versi Android terbaru pada Nokia 5 dan 6. Dengan Android 8.1 Oreo, kami menawarkan lebih banyak hal baru di di dalam smartphone Android Nokia, mulai dari fitur baru, kinerja yang lebih hebat hingga daya tahan baterai yang lebih baik. Untuk melengkapi itu semua, pembaruan ini dikemas dengan penawaran baru untuk memberikan pengalaman Android terbaik, pada harga yang terbaik pula," sela Miranda Warokka, Head of Marketing HMD Indonesia.

Miranda juga menjamin Nokia hadir dengan versi murni dari Android, tanpa bloatware. Tanpa aplikasi pra-instal, pengguna akan memiliki pengalaman mulus setiap kali menggunakan smartphone. Pembaruan keamanan bulanan datang sebagai standar untuk menjaga smartphone Nokia tetap up-to-date dan aman,  sehingga memberi kenyamanan dalam menggunakan smartphone. [rea/suf]

Tag : nokia

Berita Terkait

Komentar

Kanal Teknologi