Ini Jet Pribadi Besutan Honda

Sabtu, 17 Februari 2018 19:40:05
Reporter : -
Ini Jet Pribadi Besutan Honda

Jakarta - Perusahaan pembuat mobil dan sepeda motor asal Jepang, Honda, merambah bisnis pesawat jet pribadi dengan meluncurkan HondaJet.

Dilansir dari CNBC International, jet tersebut telah dikembangkan sejak 30 tahun lalu dan diperkenalkan untuk pertama kali dalam ajang Singapore Airshow 2018, pameran aviasi tahunan terbesar di Asia, beberapa waktu lalu.

HondaJet berkapasitas empat sampai lima orang dan bisa membawa penumpang lebih dari jumlah kursi yang tersedia karena ruang kabin yang cukup luas.

Selain itu HondaJet juga disebut-sebut sebagai pesawat tercepat, yang dapat terbang paling tinggi, dan juga paling hemat bahan bakar di kategorinya, yaitu jet ringan.

Selain bisa terbang cepat dalam jarak tempuhnya hanya dalam waktu sekitar tiga setengah jam, HondaJet juga dapat dikemudikan oleh satu pilot saja. Namun, opsi menerbangkan dengan seorang ko-pilot juga dapat dilakukan.

Sistem aviasi jet ini menggunakan sistem Garmin G3000 generasi baru yang semuanya terbuat dari kaca dan memakai teknologi layar sentuh.

Salah satu hal yang menarik dari kendaraan ini adalah letak mesinnya yang berada di atas sayap pesawat dan bukannya di bawah sayap seperti pesawat pada umumnya. Design ini disebut Over The Wing Engine Mount (OTWEM).

Untuk bisa mengudara seperti sekarang ini, HondaJet telah menghabiskan banyak waktu dan energi dalam proses pengembangan dan uji cobanya.

Dilansir dari situs AOPA, perusahaan telah menjual 16 HondaJet kepada perusahaan asal Perancis, Wijet. Kesepakatan jual beli diadakan pada 8 Februari saat acara pameran berlangsung. HondaJet telah disertifikasi pada tahun 2015. [kun]

Tag : honda

Berita Terkait

Komentar

Kanal Teknologi