OS Lawas Jadi Target Empuk Ransomware di Indonesia

Minggu, 14 Mei 2017 15:32:33
Reporter : -
OS Lawas Jadi Target Empuk Ransomware di Indonesia

Jakarta (beritajatim.com)- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara beserta Id-SIRTII sedang berupaya menangani serangan ransomware wannacry yang tengah menimpa RS Dharmais , agar dampaknya tidak meluas.

"Serangan malware ini mengakibatkan tidak bisa dibukanya data di komputer. Jadi data tak bisa diakses," kata Rudiantara dalam jumpa pers di Jakarta, Minggu (14/06/2017).

Ia menyebut sistem operasi yang lawas yang sudah tidak mendapatkan patch menjadi sasaran Ransomware yang mudah ditembus oleh para penjahat siber.

Untuk itu pemerintah memberikan himbauan kepada organisasi, kementerian/lembaga atau korporasi untuk melakukan upaya pencegahan secepatnya.

Langkah termudah saat ini yang bisa dilakukan adalah, mematikan jaringan internet yang terhubung dengan komputer.

"Pada saat komputer itu mau diaktifkan, pastikan tidak terhubung. Tentu tidak semua Internet dan yang terkena tidak pakai windows. Tapi kita harus waspadai, jadi jangan kasih sendiri yang komputer itu windows 8 itu dibawah thn 2010"ujar Rudiantara.

"Untuk organisasi, kementerian atau lembaga, korporasi kan belum masuk kantor. Karena baru masuk kantor Senin. Nah pastikan komputer, server-nya untuk tidak terhubung dengan jaringan internet dulu," tambahnya.

Usai itu, komputer pun bisa dihidupkan dan segera lakukan backup data penting yang ada di masing-masing komputer atau server.

"Sementara dulu, kabel jaringan cabut, WiFi matikan sementara, sampai nanti data yang penting di-copy dahulu. Paling mudah itu dulu," kata dia.

Tak hanya itu, Rudiantara melalui situs web kominfo.go.id, kementeriannya juga telah memberikan langkah-langkah pencegahan yang bisa diikuti instruksinya. [inilah.com]

Tag : ransomware

Berita Terkait

Kanal Teknologi