Dokter Ini Lakukan Pengobatan Gratis di Kawasan Pinggiran

Minggu, 06 Mei 2018 16:36:28
Reporter : Yusuf Wibisono
Dokter Ini Lakukan Pengobatan Gratis di Kawasan Pinggiran

Jombang (beritajatim.com) - Rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan mengetuk hati dr Dewi Ema Anindia, seorang dokter umum asal Jakarta untuk terus mengkampanyekan pola hidup sehat.

Berada di lapangan klenteng Hong San Kiong Gudo Jombang, dokter yang kerap disapa dr Dewi ini mengajak ratusan warga untuk mengikuti senam sehat. "Kita ingin membangun kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan," ujar dr Dewi Ema Anindia usai kegiatan kepada sejumlah wartawan, Minggu (6/5/2018).

Senam terapis yang dipandu oleh dua instruktur ini diikuti oleh peserta yang didominasi kalangan perempuan dan manula. Mereka mengikuti setiap gerakan yang dipandu instruktur dengan iringan musik. Seluruh peserta tampak antusias mengikuti gerakan senam.

Usai mengikuti senam masal, seluruh peserta senam memeriksakan kesehatannya secara gratis. Melalui Yayasan Hope for all Indonesia, yang bergerak di bidang kesehatan dan pendidikan, dr Dewi melibatkan sepuluh dokter untuk menangani berbagai keluhan penyakit masyarakat.

"Kita peduli makanya kita mengadakan pemeriksaan dan pengobatan secara gratis ke masyarakat," imbuh perempuan kelahiran Malang ini.

Selama ini dr dewi memang dekat dengan berbagai kegiatan penyuluhan dan pendidikan kesehatan. Sudah sejak kecil lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan tahun 2012 ini terlibat aktifitas sosial.

Keluarga besarnya sudah sejak kecil mengenalkan kegiatan penyuluhan dan kegiatan sosial kepadanya. "Nenek sama kakek saya dua duanya dokter, salah satunya dokter spesialias pertama di Indonesia," kata dokter yang praktik di sebuah klinik penyakit dalam di daerah Jakarta Selatan ini. 

Bagi dr Dewi, berkeliling untuk melakukan pengobatan gratis dan penyuluhan ke sejumlah wilayah terpencil sudah menjadi rutinitasnya. Semua dia lakukan dengan dasar kepedulian dan tanpa membebani warga yang dikunjunginya.

Tidak hanya di Jombang, aktifitas pengobatan masal ini sudah pernah dilakukan di Mojokerto, Ponorogo dan sejumlah kota terpencil yang memang tingkat kepedulian kesehatannya masih kurang.

Melalui kegiatan sosial yang dilakukannya dia berharap kesehatan masyarakat di negeri ini semakin maju. Baik dari segi akses pelayanan hingga pola pikir masyarakatnya. "Tidak hanya kawasan perkotaan, seluruh masyarakat di negeri ini harus sadar akan pentingnya sehat dan hidup sehat," pungkas perempuan berkerudung kuning ini.

Pengobatan massal yang dilakukan di Tempat Ibadat Tri Darma Gudo ini diikuti hampir empat ratus warga dari berbagai daerah di Jombang. Mereka langsung diperiksa kemudian diberi resep dan obat. Rencananya kegiatan serupa akan terus dilakukan oleh dr Dewi dan yayasannya di sejumlah wilayah lain yang belum tersentuh. [suf]

Tag : tokoh

Berita Terkait

Kanal Siapa Dia