21 Balai Nikah di Jatim Diresmikan Menteri Lukman Hakim

Senin, 31 Desember 2018 22:06:42
Reporter : Ibnu F Wibowo
21 Balai Nikah di Jatim Diresmikan Menteri Lukman Hakim

Surabaya (beritajatim.com) – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin hari ini, Senin (31/12), meresmikan 21 Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Peresmian Balai Nikah dan Manasik Haji KUA ditandai penandatanganan prasasti disaksikan oleh Plt. Kanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin.

“Dengan pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji ini, kIta berharap fungsi keberadaan KUA lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kepada umat beragama di Jatim,” ujar Menag.

“Kita menambah fungsi sebagai manasik haji juga tempat bimbingan perkawinan, KUA harus diperankan sebagai tempat pendidikan orangtua, Kemenag sangat serius salah satunya dengan membuat silabus bimbingan perkawinan ini,” tambahnya.

Balai Nikah dan Manasik Haji KUA di Jatim yang diresmikan Menag hari ini, yaitu; Kecamatan  Suboh, Asembagus, Bolongbendo, Pangarengan, Tambelangan, Wonomerto, Tongas, Sumberasih, Sidorejo, Jiwan, Mejayan, Kunir, Tempeh, Silo, Kencong, Cerme, Maesan, Kasiman, Songgon, Rogojampi, dan Kecamatan Kalipuro.

Tahun 2018, total 245 Balai Nikah dan Manasik Haji KUA sudah dibangun Kemenag dengan  biaya Rp. 355.3 milyar, sumber pembiayaan pembangunan KUA ini berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Dan sejak tahun 2015, Kemenag sudah membangun 708 Balai Nikah dan Manasik Haji KUA dengan total biaya dari SBSN Rp. 865,5 milyar. [but]

Tag : islam

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan