Ketua PWI Pamekasan

Era Disrupsi Miliki Dampak Laksana Dua Sisi Koin Mata Uang

Kamis, 27 Desember 2018 21:43:49
Reporter : Samsul Arifin
Era Disrupsi Miliki Dampak Laksana Dua Sisi Koin Mata Uang

Pamekasan (beritajatim.com) – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan, Abd Aziz menyampaikan era disrupsi atau yang lebih akrab didengar era industri 4.0 memiliki dampak laksana dua sisi koin mata uang.

Kemajuan teknologi di era digital juga menyita perhatian banyak pihak dari berbagai lapisan masyarakat, bahkan sebagian besar di antara mereka justru memiliki kecenderungan atau bahkan kecanduan dalam menggunakan internet khususnya media sosial (medsos).

Hal itu disampaikan saat dirinya mengisi materi \'Internet dan Media Sosial\' dalam Seminar Kemahasisaan yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bakti Bangsa Pamekasan, Kamis (27/12/2018).

\"Di era disrupsi saat ini pengguna internet khususnya media sosial sudah digandrungi masyarakat dari lintas generasi, mulai dari usia anak-anak hingga lensia. Bahkan sebagian besar di antara mereka, justru menjadikan internet sebagai gaya hidup,\" kata Abd Aziz.

Kondisi tersebut tentunya menjadi \'momok\' menakutkan sekaligus tantangan yang perlu diperhatikan, terlebih jika nanti generasi muda justru terjebak dalam \'candu medsos\' yang akan berdampak pada sisi yang negatif.

\"Penetrasi internet pada 2017 saja mencapai sebanyak 143,26 juta jiwa dari total penduduk Indonesia yang mencapai 262 juta jiwa, jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan data 2016 yang berkisar di angka 132,7 juta jiwa,\" ungkapnya.

Dari angka tersebut, tercatat sebanyak 130 juta dari 265,4 juta jiwa sebagai pengguna media sosial seperti WhatsApp dan lainnya. Rata-rata menggunakan media sosial selama 3 jam 23 menit dengan perangkat mobile berupa smartphone maupun tablet.

\"Presentasi medsos di Indonesia didominasi Youtobe dengan prosentase mencapai 43 persen dibandingkan jenis medsos lainnya, semisal facebook 41 persen, disusul WhatsApp 40 persen dan berbagai jenis medsos lainnya,\" jelas pewarta yang tengah menempuh program magister komunikasi di Unair Surabaya.

Dari itu pihaknya menyampaikan keberadaan internet maupun media sosial sangat memberikan pengaruh dalam tatanan kehidupan masyarakat saat ini. \"Berdasar uraian di atas, media sosial memberikan dua dampak yang kami sebut laksana dua sisi koin mata uang,\" tegasnya.

\"Pertama dampak positif dengan memberikan kemudahan dalam berkomunikasi, jangkauan luas, mudah berekspresi, informasi cepat dan biaya murah. Tapi dampak negatifnya justru menjauhkan yang dekat, tatap muka berkurang, kecanduan internet, rentan pengaruh buruk, privasi tak terkontrol hingga kerentanan konflik,\" pungkasnya. [pin/but]

Tag : pwi pamekasan

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan