Bagaimana Atasi Banjir Genangan? Subhanallah, Ini Pertanyaan Sangat Berat...

Kamis, 29 Nopember 2018 16:56:35
Reporter : Oryza A. Wirawan
Bagaimana Atasi Banjir Genangan? Subhanallah, Ini Pertanyaan Sangat Berat...
banjir foto:dok

Jember (beritajatim.com) - Kepala Seksi Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Jember Achmad Subagio mengakui, jika tak mudah untuk memutus tren banjir genangan di sejumlah titik saat musim hujan tiba.

"Subhanallah, ini pertanyaan yang sangat berat untuk kami jawab. Bagaimana kita bisa memutus banjir genangan? Kita butuh waktu. Kalau kami sudah menemukan sumber atau penyebab banjir genangan tersebut, kami bersama unsur terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga akan melakukan tindakan-tindakan sesuai tugas pokok dan fungsi. Baru kami bisa mengurangi banjir genangan," kata Subagio menjawab pertanyaan wartawan.

Subagio mengatakan, Jember berpotensi mengalami bencana saat musim hujan. "Jember ini market-nya bencana.Saat ini musim hujan ini ada puting beliung, banjir genangan, dan retakan tanah," katanya.

BPBD selalu mengadakan edukasi dan sosialisasi kepada warga di wilayah yang berpotensi terdampak bencana. Apalagi BPBD Jember sudah membentuk desa binaan yakni desa tangguh bencana.

"Kami selalu melakukan koordinasi dengan masyarakat dan memberi edukasi, bagaimana saat terjadi perubahan ilim apa yang harus dilakukan masyarakat. Insya Allah mereka yang berada di titik rawan sudah memahami bagaimana mengevakuasi diri," kata Subagio. [wir/ted]

Tag : pemkab jember

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan