Partai Nasdem Bidik 14 Kursi di DPRD Jatim

Kamis, 08 Nopember 2018 15:37:18
Reporter : Yusuf Wibisono
Partai Nasdem Bidik 14 Kursi di DPRD Jatim

Jombang (beritajatim.com) - Partai Nasdem membidik 14 kursi di DPRD Jatim dalam pemilu 2019. Menurut Ketua DPW Partai Nasdem Jatim Sri Sajekti Sudjunadi, target yang dipatok tersebut cukup realistis mengingat saat ini partainya sudah memiliki modal empat kursi di DPRD Jatim.

"Pada pemilu 2014 kita mendapatkan empat kursi di Jatim. Saat itu Jatim terbagi menjadi 11 dapil (daerah pemilihan). Untuk pemilu 2019, kami mamatok target 14 kursi di DPRD Jatim," ujar wanita yang akrab disapa Bunda Janet saat jumpa pers dengan wartawan di Jombang, Kamis (8/11/2018).

Janet menjelaskan, ada perbedaan jumlah kursi antara pemilu 2014 dengan pemilu 2019. Jika pada 2014 sebanyak 100 kursi yang diperebutkan, namun untuk pemilu 2019 terdapat penambahan 20 kursi. Sehingga total terdapat 120 kursi yang diperebutkan dalam pemilu.

Jumlah tersebut juga diikuti penambahan dapil. Yakni, dari 11 menjadi 14 dapil. Pemekaran tersebut diantaranya terjadi di dapil VIII yang sebelumnya Kabupaten/Kota Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kabupaten/Kota Madiun, kini dipecah menjadi dua.

Jadinya, dapil VIII terdiri dari Kabupaten/Kota Mojokerto, Jombang dan dapil VI terdiri dari Nganjuk, Kabupaten/Kota Madiun. "Karena ada penambahan, sehingga ada 20 kursi yang masih kosong atau belum terpegang oleh calon petahana," katanya merinci.

"Dari 14 dapil di Jatim, masing-masing kita targetkan satu kursi. Makanya, pemilu 2019 kita mematok 14 kursi di DPRD Jatim. Itu target minimal," kata Janet memberikan gambaran.

Untuk merealisasikan target itu, Partai Nasdem sudah melakukan persiapan baik secara internal maupun eksternal. Persiapan internal tersebut dengan memberikan pendidikan khusus kepada para caleg serta terus melakukan konsolidasi.

"Seperti yang kita lakukan hari ini dengan safari ke daerah-daerah," pungkas Janet yang juga Ketua Bidang OKK (Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan) DPP Partai Nasdem. [suf/ted]

Tag : pemilu 2019

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan