Panen Bawang di Pacet, Sandi: Kesejahteraan Petani Prioritas Kita

Minggu, 21 Oktober 2018 22:26:26
Reporter : Misti P.
Panen Bawang di Pacet, Sandi: Kesejahteraan Petani Prioritas Kita

Mojokerto (beritajatim.com)--Tak hanya menyapa para petani bawang, calon Wakil Presiden nomor urut 2, Sandiaga Salahuddin Uno juga berkesempatan memanen bawang di area persawahan di Desa Sajen, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Minggu (21/10/2018). Sandi menegaskan jika kesejahteraan petani menjadi prioritasnya.

"Bawang itu permintaannya tetap kok di Jakarta, di kota-kota besar tetap, tapi memang rantai distribusinya ini kadang-kadang dan bagaimana petani ini diberdayakan. Kita dulu punya program di Jakarta dengan food station, food station itu membeli satu tahun di depan karena kita sudah tahu butuhnya berapa ton di Jakarta," ungkapnya.

Menurutnya, pemerintah sampai akhirnya terlena dengan impor, karena impor menghantam harga dan juga mengakibatkan petani tidak bisa bersaing.

Hal tersebut yang diharapkan akan diubah di bawah kepemimpinan Prabowo-Sandi. Selain berpihak pada petani bawang, Sandiaga Uno berharap bisa meningkatkan kesejahteraan para petani bawang.

"Kualitasnya tadi kita lihat kan, kualitasnya kalau misalnya tidak ada bibit yang bagus dan hasilnya juga tidak diberikan pelatihan, pendampingan dan juga mungkin dari pupuknya, ya hasilnya juga kurang bagus. Lha di situ tugasnya pemerintah. Pemerintah mesti hadir untuk memastikan bahwa bawang-bawang merah yang diproduksi petani di Mojokerto sini, di Desa Sajen terutama, ini bisa berdaya saing," ujarnya.

Jika tidak, lanjut Sandi, kesejahteraan petani akan semakin turun dan akan menambah tingkat kemiskinan baru.

Menurutnya, kebutuhan bawang cukup banyak karena bisa menciptakan produk-produk turunan. Seperti bawang goreng dan pemerintah harus hadir memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi petani bawang.

"Dan Prabowo-Sandi berkomitmen untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya, meningkatkan kesejahteraan para petani dan memastikan bahwa kesejahteraan petani itu menjadi prioritas kita," tegasnya.[tin/air]

Tag : pilpres 2019

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan