Paparan RPJMD Hanya Dihadiri 16 Anggota DPRD Bojonegoro

Jum'at, 12 Oktober 2018 01:06:31
Reporter : Tulus Adarrma
Paparan RPJMD Hanya Dihadiri 16 Anggota DPRD Bojonegoro

Bojonegoro (beritajatim.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro memaparkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2018-2023 ke anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat. Rapat yang digelar di ruang paripurna DPRD Bojonegoro itu hanya diikuti oleh 16 orang anggota Dewan dari jumlah 50 orang anggota Dewan.

Sebelum dipaparkan kepada anggota DPRD, pemkab telah melakukan konsultasi publik sesuai amanat Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

"Forum ini dimaksudkan untuk menghimpun atau menjaring aspirasi dan harapan seluruh stakeholder terhadap prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2018 – 2023, selain itu dalam forum ini juga diharapkan dapat menghasilkan dokumen berkualitas yang mengarah sesuai dengan permasalahan yang ada di Kabupaten Bojonegoro," ujar Pj. Sekda Yayan Rohman.

Yayan menjelaskan, rancangan awal RPJMD ini dilandasi dengan permasalahan yang harus dituntaskan. Tidak terlepas dari beberapa isu strategis internasional, nasional, provinsi, serta kabupaten. Untuk itu dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran pembangunan yang efektif dan efisien, perlu dirumuskan secara sistematis strategi dan arah kebijakan program pembangunan daerah.

Yayan Rohman menambahkan, untuk menjawab isu-isu strategis itu, Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro dalam lima tahun kedepan bertekad untuk menuntaskan permasalah dengan Visi dan tujuh misi Kabupaten Bojonegoro yang akan dituang dalam RPJMD Tahun 2018 – 2023. "Sehingga dalam lima tahun kedepan pelaksanaan program pembangunan di Kabupaten Bojonegoro memiliki fokus yang jelas," ungkapnya.

Beberapa program, yang dituangkan dalam RPJMD merupakan visi misi pasangan Bupati dan Wakil Bupati, Anna Muawanah dan Budi Irawanto. Pimpinan Rapat, Sigit Kusharianto mengatakan, dalam penyusunan RPJMD ini diharapkan bisa menyejahterakan dan berpihak kepada masyarakat dengan memaksimalkan pendapatan daerah. [lus/suf]

Tag : pemkab bojonegoro

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan