Kader Demokrat Jatim Diakui Dukung Jokowi - Ma'ruf Amin

Kamis, 13 September 2018 17:42:40
Reporter : Hendra Brata
Kader Demokrat Jatim Diakui Dukung Jokowi - Ma'ruf Amin

Jakarta (beritajatim.com) - Partai Demokrat dituding 'menggunakan' politik dua kaki dalam pemilihan presiden 2019 mendatang. DPP Partai Demokrat mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno jadi pasangan Capres-Cawapres namun mempersilakan pengurus daerah mendukung pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan, tidak banyak pengurus daerah Partai Demokrat mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Dalam survei internal yang dilakukan internal Partai Demokrat, sebanyak 80 persen mendukung Prabowo-Sandiaga.

''Di dalam hasil survei itu, dikumpulkan seluruh Indonesia dari 34 provinsi untuk seluruh kader partai Demokrat, 80 persen memilih Prabowo, sisanya memilih Jokowi,'' kata Syarief dalam diskusi di kompleks parlemen, Kamis (13/9/2018).

Dia memaparkan, dari 20 persen yang mendukung memang kebanyakan dari Jawa Timur, Papua, dan NTT. ''Urutannya Jawa Timur paling tinggi kemudian Papua, NTT, Bali, dan Sulawesi Utara,'' kata Syarief.

Dia mengatakan, kondisi ini amat wajar terjadi. Karena memang, seluruh kader Partai Demokrat menginginkan agar yang dicalonkan sebagai capres/cawapres berasal dari internal sendiri. Karenanya, lanjut Syarief, Partai Demokrat tidak mungkin memecat pengurus atau kader yang mendukung Jokowi-Ma'ruf.

Namun, saat ini menjadi tugas DPP Partai Demokrat untuk meyakinkan mereka agar memilih Prabowo-Sandiaga. ''Kami sekarang DPP meyakinkan kepada mereka yang 20 persen itu  agar mereka memilih Prabowo dengan alasan-alasan, satu, dua,tiga, empat, dan lima,'' kata Syarief. [hen/but]

Tag : pilpres 2019

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan