GMNI Demo Tagih Komitmen Bupati Jember

Kamis, 13 September 2018 11:56:06
Reporter : Oryza A. Wirawan
GMNI Demo Tagih Komitmen Bupati Jember

Jember (beritajatim.com) - Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember berdemonstrasi menagih komitmen Bupati Faida dalam urusan tembakau, Kamis (13/9/2018).

Mereka berunjuk rasa di depan kantor DPRD Jember, Jawa Timur. Koordinator aksi Davit Rizal Firmansyah mengatakan, Jember merupakan salah satu daerah penghasil tembakau terbesar di Indonesia. "Sekitar 154 industri rokok rumahan yang tergabung dalam paguyuban perajin rokok mitra karya mandiri gulung tikar," katanya.

Penyebabnya adalah besarnya beban produksi yang ditanggung karena kenaikan tarif cukai rokok dan berbagai kebijakan pengetatan lainnya. "Petani dan pegiat industri Jember tembakau skala kecil hanya berharap pemerintah memedulikan nasib mereka," kata Rizal.

Caranya adalah dengan merealisasikan janji kerja Bupati Faida nomor 11. "Janjinya adalah menata dan merevitalisasi industri tembakau dengan meningkatkan produktivitas sektor ini untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan buruh tembakau," kata Rizal.

"Kami meminta bupati Jember untuk menjalankan komitmen dalam janji kerja bupati nomor 11," kata Rizal.

Para demonstran ditemui tiga anggota DPRD Jember David Handoko Seto, Lukman Winarno, dan Imam Suyuti. Mereka melakukan rapat dengar pendapat di ruang Badan Musyawarah. (wir/ted)

Tag : demo jember, gmni

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan