Bupati Jember Ingin Pastikan Rekrutmen Pegawai Transmart Gratis

Jum'at, 10 Agustus 2018 17:40:14
Reporter : Oryza A. Wirawan
Bupati Jember Ingin Pastikan Rekrutmen Pegawai Transmart Gratis

Jember (beritajatim.com) - Transmart akan dibuka di Kabupaten Jember, Jawa Timur, dalam waktu dekat. Bupati Faida ingin rekrutmen pegawai benar-benar berjalan adil dan khusus untuk warga Jember.

Transmart adalah sebuah perusahaan ritel di Indonesia merupakan salah satu anak perusahaan dari Trans Retail. Bupati Faida menekankan agar pegawai Transmart benar-benar dari Jember. "Beliau ingin memastikan dalam proses rekrutmen tenaga kerja oleh pihak swasta betul-betul murni, gratis, fair, dan tanpa dipungut biaya," kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Jember Edi Budi Susilo. 

"Beliau juga ingin (rekrutmen pegawai Transmart) mengakomodasi kelompok difabel, yatim piatu, dan memberi kesempatan kepada para hafidz (penghafal Alquran) yang hapal Alquran minimal lima juz, dan para pekerja perempuan. Bupati minta empat kelompok ini bisa diakomodasi proporsional oleh manajemen Transmart," kata Edi.

Demi memastikan itu semua, Pemkab Jembe terlibat dalam rekrutmen pegawai Transmart. Selain lamaran dikirimkan ke Pendapa Wahyawibawagraha, ada pegawai Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jember yang ditugaskan ikut membantu seleksi lamaran agar sesuai dengan kriteria dan harapan Bupati Faida.

"Pola ini bukan yang pertama. Sebelumnya, saat rekrutmen Lippo Mall dan Siloam juga difasilitasi dengan pola yang sama. Tapi waktu itu lamaran bukan di Pendapa. Sekarang kebetulan Pendapa kosong, oleh sebab itu pendaftaran ditempatkan di Pendapa," kata Edi.

"Dalam kegiatan rekrutmen ini, kami siapkan di situ (di Pendapa Wahyawibawagraha) pelayanan administrasi kependudukan. Jadi yang belum punya KTP dan kartu keluarga bisa langsung dilayani di situ. Bagi yang memegang surat keterangan (suket), kalau memungkinkan dicetak (menjadi KTP) ya dicetak di situ, selama prosedurnya sudah sesuai. Pelayanan AK1 (kartu kuning pencari kerja) juga kami siapkan di Pendapa. Pelamar yang tak memiliki kartu kuning tak perlu repot-repot pulang pergi ke Disnaker dan Pendapa. Kira-kira one stop service," kata Edi. [wir/kun]

Tag : pemkab jember

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan