Bupati Sidoarjo Berangkatkan CJH Kloter 72 dan 73 dari Pendopo Delta Wibawa

Jum'at, 10 Agustus 2018 17:19:26
Reporter : M. Ismail
Bupati Sidoarjo Berangkatkan CJH Kloter 72 dan 73 dari Pendopo Delta Wibawa

Sidoarjo (beritajatim.com) - Calon Jamaah Haji (CJH) kloter 72 dan 73 dari Sidoarjo diberangkatkan oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah dari Pendopo Delta Wibawa menuju Embarkasi Surabaya, Jumat (10/8/2018).

Kloter 72 dan 73 ini merupakan keberangkatan etape 2. Etape ke 1 atau kloter 71 sudah diberangkatkan pagi tadi menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Kepala Kementerian Agama Sidoarjo H. Achmad Rofi`i mengatakan, pemberangkatan CJH etape 2 ini merupakan kloter yang paling besar. Karena jumlah jamaah yang diberangkatkan berjumlah 885 orang. "Kloter 72 sejumlah 443 CJH dan kloter ke 73 ada sebanyak 442 orang," katanya.

Dari dua kloter itu, untuk resiko tinggi jumlahnya hampir sama. Kloter 72 sejumlah 272 jamaah, dan kloter 73 sejumlah 273 jamaah. Kurang lebih 50 persen jamaah haji yang diberangkatkan etape 2 pada hari ini beresiko tinggi.

"Dari jamaah yang beresiko tinggi untuk kloter 72 ada 26 orang dan kloter 73 adalah 28 orang yang dalam pengawasan khusus, yang dipantau oleh tenaga medis," tambah Rofi'i merinci.

Walaupun demikian, harap Rofi'i, semua CJH yang berangkat pada hari ini, tetap sehat sampai di tanah suci, dan diberikan kelancaran dalam menjalankan ibadah hajinya. "Semoga semuanya sehat sampai tanah suci, ibadahnya lancar," harap Rofi'i.

Lebih jauh Rofi'i menandaskan, sampai hari ini hanya menaikkan 4 kursi roda untuk jamaah haji asal Sidoarjo. "Semoga setelah sampai tanah suci,  kursi tidak dibutuhkan lagi dan semakin sehat dalam menjalankan ibadah hajinya," imbuhnya mendoakan.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, juga memberikan semangat dan mendoakan para CJH, khususnya yang berasal dari Sidoarjo agar diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan ibadah haji dan pulang membawa predikat haji yang mabrur.

Pesan Saiful llah, jaga kesehatan dengan makanan yang sehat, jangan minum-minuman dari kaleng karena mengandung bahan kimia.

"Cukup minum air zam-zam saja di tanah suci. Dan titip doa juga untuk Kabupaten Sidoarjo agar dijauhkan dari musibah dan bencana. Cukup bencana semburan lumpur saja," tutur Saiful llah. (isa/kun)

Tag : haji, pemkab sidoarjo

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan