Jalan Harun Tohir Gresik Akhirnya Diportal

Jum'at, 10 Agustus 2018 16:49:36
Reporter : Deni Ali Setiono
Jalan Harun Tohir Gresik Akhirnya Diportal

Gresik (beritajatim.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, akhirnya memasang portal Jalan Harun Tohir yang mengalami kerusakan parah. Jalan sepanjang 2 kilometer itu merupakan akses pintu masuk, dan keluar menuju ke Pelabuhan Gresik.

Pemasangan portal tersebut karena pemkab sudah gerah menunggu perbaikan jalan yang tidak kunjung dirampungkan.

Berdasarkan pantauan di lapangan sejumlah petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik, mengebor Jalan Harun Tohir di dua titik.

Portal yang terbuat dari baja tersebut, memiliki panjang 3 meter, dan tinggi 2,20 meter. Sehingga, setelah dipasang kendaraan bertonase berat tidak bisa melintas.

Kasi Preventasi Jalan dan Jembatan DPUTR Gresik, Femmy Husada mengatakan, pemasangan portal di Jalan Harun Tohir juga dikawal sejumlah aparat dari Kepolisian dan TNI AD. Langkah ini dilakukan karena pemortalan tersebut resistensinya cukup tinggi karena banyak kepentingan.

"Kemarin kami mau memasang portal tapi diprotes sejumlah warga yang mengatasnamakan perwakilan pelaku usaha. Padahal, sebelum dipasang sudah ada 500 aduan warga yang ditinggal di sepanjang Jalan Harun Tohir yang mengeluh jalannya rusak parah, dan berdebu karena dilalui kendaraan bertonase besar. Padahal, jalan tersebut merupakan jalan kelas dua, atau jalan kabupaten," katanya, Jumat (10/08/2018).

Masih menurut Femmy, sebelum diportal pihaknya harus menunggu selama dua tahun. Pasalnya, sebelum diperbaiki terus terjadi tarik ulur. Sehingga, pemortalan kerap tertunda. "Sebenarnya sudah lama mau diportal tapi ya itu tadi terus terjadi tarik ulur, dan sekarang fix diportal," ujarnya.

Imbas pemortalan Jalan Harun Tohir menyebabkan beberapa kendaraan yang bertonase besar. Terpaksa harus memutar saat akan masuk ke Pelabuhan Gresik.

Sebelum diportal, truk yang masuk Pelabuhan Gresik dari Surabaya hanya membutuhkan waktu kurang dua jam. Namun, usai diportal terpaksa harus memutar melalui Jalan Tol Manyar. Selanjutnya masuk ke Jalan Gubernur Suryo lalu belok ke Jalan RE.Martadinata Gresik lalu masuk ke pelabuhan. [dny/kun]

Tag : jalan, gresik

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan