Kenapa Wali Kota Risma Pagi-Pagi Turun Langsung Bersihkan Trotoar?

Jum'at, 10 Agustus 2018 15:40:50
Reporter : Ibnu F Wibowo
Kenapa Wali Kota Risma Pagi-Pagi Turun Langsung Bersihkan Trotoar?

Surabaya (beritajatim.com) - Dalam menyambut HUT RI ke 73, sekaligus menyemarakkan event internasional bertajuk Surabaya Marathon 2018, jajaran di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, secara serentak menggelar kegiatan bersih-bersih trotoar dan pengecatan. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB itu, difokuskan di sepanjang Jalan Raya Wonokromo, tepatnya jembatan sebelah selatan UPTD Terminal Joyoboyo.

Dalam kegiatan pagi ini, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini secara langsung memimpin jalannya kerja bakti. Dengan menggunakan sepatu boot warna pink, Wali Kota Risma tak canggung ikut terjun langsung bersama jajarannya. Trotoar di sepanjang Jalan Raya Wonokromo menjadi fokus perhatian utama dalam pengecatan.

"Sampah-sampah dan kotoran itu nanti dibersihkan semua, sekalian nanti juga dicat trotoarnya," kata dia, saat memberikan arahan kepada jajarannya, Jum’at, (10/8/2018) pagi.

Wali Kota Risma pun ikut berbaur membersihkan jembatan wonokromo dengan menggunakan semprotan air. Bahkan, jalan aspal juga turut disemprot dengan air. Sebelum dilakukan penyemprotan, Wali Kota Risma ingin agar debu-debu dan kotoran yang menempel di jembatan dibersihkan terlebih dahulu. "Ini debu-debunya disapu dulu ya pak, jembatannya nanti biar tambah resik(bersih)," ujarnya, kepada seorang petugas DCKRTH

Sembari membersihkan jembatan menggunakan semprotan air, Wali Kota Risma kemudian memberi arahan agar mesin excavator juga didatangkan untuk mengeruk lumpur yang mengendap di sungai wonokromo tersebut. "Itu lumpur yang mengendap dikeruk semua, biar nanti kalau hujan ndak banjir," ujarnya kepada petugas operator excavator tersebut.

Selain melakukan pembersihan dan pengecatan trotoar di sepanjang Jalan Raya Wonokromo, Kampung Pulo Tegalsari II pun tak luput dari perhatian pemkot. Melalui arahan Wali Kota Risma, kampung yang langsung menghadap ke Sungai itu, kemudian dipercantik dengan menggunakan cat warna-warni. "Tembok-tembok rumah yang sudah kusam itu tolong dicat semua, biar nanti kelihatan warna-warni, lebih bagus," tutur alumni ITS ini.

Berbagai penghargaan yang telah diraih Kota Surabaya, baik tingkat nasional maupun internasional masih belum membuat dirinya puas. Bahkan, berbagai penghargaan yang telah berhasil diraihnya itu, menjadi motivasi tersendiri bagi wali kota perempuan pertama di Surabaya ini, untuk terus menata dan mempercantik Kota Pahlawan.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya M. Fikser juga turut hadir dalam agenda pagi ini. Menurut Fikser, aktivitas pagi ini adalah kerja bakti bersama seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Surabaya, dengan bersih-bersih trotoar dan pengecatan. Selain dalam rangka menyambut HUT RI ke 73, kegiatan kerja bakti ini merupakan agenda rutin setiap hari Jum’at pagi.

"Jadi setiap Jum’at pagi, seluruh pegawai di lingkungan OPD Pemkot Surabaya melaksanakan kerja bakti secara serentak. Disamping itu, juga dalam rangka Surabaya bersolek," pungkasnya. [ifw/kun]

Tag : pemkot surabaya

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan