Muktamar IMM : Teguhkan Semangat Berpancasila Kaum Muda Islam

Rabu, 01 Agustus 2018 17:26:52
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Muktamar IMM : Teguhkan Semangat Berpancasila Kaum Muda Islam

Malang (beritajatim.com) - Muktamar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) XVIII dibuka oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir di Hall Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Rabu (1/8/2018).

Muktamar ini dihadiri kader IMM dari Sabang hingga Merauke, dijadwalkan Muktamar berlangsung selama empat hari yakni mulai Rabu hingga Sabtu mendatang. Tema yang diusung “Meneguhkan Pancasila Sebagai Sukma Bangsa untuk Indonesia Sejahtera”.

Haedar mengatakan muktamar kali ini diharapkan mampu menjadi momen untuk merumuskan rancangan-rancangan strategis, baik bagi kemajuan internal organisasi maupun keberlangsungan bangsa Indonesia.

"IMM bersama para anggotanya harus terus berjuang dengan cara modern seperti yang telah dilakukan oleh Bapaknya (Kiai Ahmad Dahlan)," kata Haedar.

Haedar mengingatkan kader IMM agar kembali kepada cita-cita awal yakni melahirkan intelektual muslim yang memiliki keunggulan secara lahir dan batin. Ia berharap muktamar kali ini dapat menghasilkan misi peneguhan ideologi nasional bagi IMM, Muhammadiyah, dan Indonesia.

“Kembali mengingat cita-cita IMM yang ingin melahirkan para intelektual muslim yang unggul, maka berangkat dari mukmatar ini para kader dapat belajar,” ujarnya.

Haedar mengatakan kader IMM harus memiliki lima keunggulan, di antaranya adalah unggul dalam idealisme diri dan organisasi, keunggulan berorganisasi, keunggulan personal, keunggalan religiusitas, dan keunggulan sinergitas.

“Sebagai organisasi modern yang diisi oleh pemuda-pemudi terbaik bangsa, jangan pernah IMM melupakan lima keunggulan yang harus terus diingat dan dijalan oleh seluruh kader,” tutur Haedar.

Rektor UMM Fauzan yang juga alumni IMM menyampaikan bahwa kader IMM harus menjadi etalase garda terdepan dalam meneguhkan nilai-nilai keislaman. “Para kader IMM harus bertanggungjawab untuk terus meneguhkan nilai-nilai keislaman dan keberadaban sebagai cerminan pengabdian pada bangsa,” tandasnya. (luc/kun)

Tag : muhammadiyah

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan