Satu Wafat, 49,8 Persen CJH asal Tuban Tergolong Risti

Selasa, 31 Juli 2018 18:49:54
Reporter : M Muthohar
Satu Wafat, 49,8 Persen CJH asal Tuban Tergolong Risti

Tuban (beritajatim.com) - Seorang Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Tuban gagal ikut berangkat ke tanah suci lantaran meninggal dunia pada beberapa hari lalu menjelang keberangkatan lantaran mengalami sakit dan sudah tua.

Untuk CJH yang meninggal dunia itu diketahui bernama Karsimin, warga Desa Rayung, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban yang seharusnya ikut dalam kelompok terbang (Kloter) 44. Adapun untuk CJH asal Kabupaten Tuban diberangkatkan hari ini oleh Bupati Tuban, Selasa (31/7/2018).

"Memang ada satu calon jamaah yang gagal berangkat karena meninggal dunia," terang Umi Kulsum, selaku Kasi Penyelenggara Umron dan Haji Kemenag Tuban.
 
Dengan meninggalnya satu orang calon jamaah itu untuk CJH Tuban yang berangkat pada tahun 2018 sebanyak 1.009 orang yang terbagi dalam kloter 42, kloter 43 dan kloter 44. Untuk kloter 42 dan 43 sudah diberangkatkan oleh Bupati Tuban dari Pendopo Krido Manunggal Tuban hari ini dan yang kloter 44 berangkat besuk.

Sementara itu  dari sebanyak 1.009 CJH Kabupaten Tuban yang masuk dalam kategori Resiko Tinggi (Risti) mencapai sekitar 49,8 persen. "Dari jumlah semua calon jamaah haji yang Risti ada 503 orang," terang Umi Kulsum.

Adapun untuk rincian calon jamaah yang memiliki Resiko Tinggi itu sebagian besar karena mengalami sakit. Yang mana untuk Risti penyakit ada 243 orang CJH, Risti usia lanjut (Usila) ada 129 orang CJH dan untuk Risti Usila dengan disertai penyakit ada sebanyak 131 orang calon jamaah.

H Fathul Huda, Bupati Tuban yang memberangkatkan ratusan CJH itu berpesan kepada para CJH untuk selalu menjaga perkataan dan tidak saling mengunjing. Selain itu, para jamaah diminta untuk selalu memperbanyak bersedekah baik kepada pembersih masjid maupun yang bekerja di sana.

"Selain itu yang paling penting adalah tawaduk kepada Allah, merasa bahwa diri kita itu lemah. Tidak ada kekuatan apapun tanpa pertolongan Allah ta'ala. Mudah-mudahan bapak ibu diberi sifat dermawan dan loman sesuai potensinya masing-masing," kata H Fathul Huda, Bupati Tuban di hadapan ratusan CJH yang akan berangkat.[mut/kun]

Tag : haji,pemkab tuban

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan