Minim Potensi SDM

Ratusan Desa di Pamekasan Belum Miliki BUMDes

Kamis, 12 Juli 2018 09:49:50
Reporter : Samsul Arifin
Ratusan Desa di Pamekasan Belum Miliki BUMDes

Pamekasan (beritajatim.com) - Ratusan desa di Pamekasan hingga kini belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hal itu disebabkan karena minimnya potensi Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya di tingkat desa.

Padahal setiap desa diwajibkan memiliki minimal satu BUMDes yang ditetapkan sejak awal 2018. Sehingga hal itu juga berakibat pada molornya proses pencairan Dana Desa (DD). "Dari 178 desa di Pamekasan, tercatat hanya 50 desa yang sudah memiliki BUMDes," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BUMDes) Pamekasan Ach Faisol, Rabu (11/7/2018).

Selain itu pihaknya menyampaikan bahwa terdapat beberapa desa yang sudah lebih awal membentuk BUMDes sebelum adanya regulasi pembentukan, bahkan di antara mereka sudah berjalan optimal. "Memang kami akui sebagian (desa) sudah dimulai (dibentuk BUMDes) sebelum adanya regulasi yang berlaku," ungkapnya.

"Penyebab minimnya pembentukan BUMDes ini, salah satunya karena potensi SDM di tingkat desa. Terutama dalam hal pengelolaan keuangan dan manajemen usaha yang masih terbilang sangat minim," sambung Faisol.

Namun pihaknya berjanji untuk terus melakukan pendekatan kepada semua kepala desa (kades) maupun aparat di tingkat desa, agar segera membentuk BUMDes. "Ke depan kami akan terus mendorong dan memberikan motivasi agar seluruh desa bisa segera memiliki BUMDes," tegasnya.

"Tidak kalah penting, nanti kita juga akan meminta tenaga pendamping desa juga bisa memberikan dukungan lebih bagi desa yang belum memiliki BUMDes. Sehingga nantinya seluruh desa memiliki BUMDes yang berdampak pada proses pencairan dana desa," pungkasnya. [pin/suf]

Tag : pemkab pamekasan

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan