Kekeringan Mulai Melanda, BPBD Tuban Droping Air Bersih

Rabu, 11 Juli 2018 21:45:02
Reporter : M Muthohar
Kekeringan Mulai Melanda, BPBD Tuban Droping Air Bersih

Tuban (beritajatim.com) - Sejak sekitar satu bulan terakhir, sejumlah wilayah di Kabupaten Tuban sudah mengalami kekeringan dan warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih akibat dari musim kemarau yang sudah mulai terjadi, Rabu (11/7/2018).

Untuk mengatasi kekeringan itu, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban sudah mulai droping air bersih. Sejumlah warga mengaku harus mencari air hingga beberapa kilometer lantaran sumber air sudah banyak yang mulai mengering.

Salah satu wilayah yang sudah mulai dilanda kekeringan adalah Dusun Gempol, Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Warga sejak satu bulan terakhir sudah mulai kesulitan untuk mencari air karena sumur-sumur yang ada di area perkampungan dan sawah sudah mulai mengering.

"Sebulan lebih sudah jarang turun hujan. Biasanya warga sini ambil airnya dari sumur, tapi sekarang sudah mulai mengering," terang Kasmuji (50), warga Dusun Gempol, Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding, Tuban.

Karena kondisi sumber yang sudah mulai mengering membuat sumur di salah satu rumah warga itu airnya sudah mulai kotor. Sehingga warga sudah beralih mencari sumber lain yang jauh dari kampung mereka untuk mendapatkan air sekedar untuk mencuci, mandi dan ternak mereka.

"Sumber yang di pinggir desa juga sudah mulai mengering, karena warga juga berbondong-bondong ke sana. Tiap hari kalau untuk masak dan minum beli air galon," tambahnya.

Sementara itu, untuk hari pertama pendistribusian air bersih itu pihak BPBD Tuban mengirimkan 5000 liter air bersih ke desa tersebut dan 7000 liter di Desa Sambongrejo, Kecamatan Semanding, Tuban itu. Hal itu langsung disambut gembira oleh warga dan banyak yang mengantre untuk mendapatkan air bersih tersebut.

"Hasil survei dari tim sudah ada 26 desa dari kecamatan yang mengalami kekeringan. Hari pertama droping kita menyasar dua desa dulu," kata Gaguk Hariyanto, selaku Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Tuban.[mut/kun]

Tag : kekeringan tuban

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan