PWI Pamekasan: HUT Bhayangkara Momentum Berbenah Bagi Polri

Rabu, 11 Juli 2018 18:47:05
Reporter : Samsul Arifin
PWI Pamekasan: HUT Bhayangkara Momentum Berbenah Bagi Polri

Pamekasan (beritajatim.com) - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan Abd Aziz menyatakan HUT Ke-72 Bhayangkara sebagai momentum bagi institusi Polri untuk berbenah dalam menjalankan tugas pengamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Terlebih hal itu juga bisa menjaga stabilitas bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), khususnya di Pamekasan. "HUT Ke-72 kali ini merupakan momentum tepat bagi institusi Polri untuk berbenah agar bisa lebih baik, bermartabat dan tentunya profesional dalam menjalankan tugas kenegaraan sebagai pengayom dan pelindung masyarakat," kata Abd Aziz, Rabu (11/7/2018).

Melalui tema 'Mengawal Agenda-Agenda Nasional di Tahun 2018', praktis peran penting dan strategis polisi menjadi acuan bagi semua pihak. Netralitas serta keseriusan Polri akan menjadi poin penting dalam melaksanakan berbagai agenda berikutnya. "Tapi institusi polri bukan satu-satunya elemen penentu, peran aktif semua pihak juga ikut menentukan. Termasuk TNI, organisasi kemasyarakatan dan media," ungkapnya.

"Selain itu kami rasa peran media dalam ikut mensukseskan pelaksanaan berbagai agenda nasional juga tidak kalah penting, bahkan sudah kita sadari bersama bahwa Polri merupakan salah satu institusi yang sudah melek media," sambung pewarta Perum LKBN Antara.

Kemampuan melek media bisa dilihat dari berbagai publikasi kegiatan yang dilakukan institusi Polr. Bahkan hampir seluruh Humas di semua Polres di Indonesia, saat ini sudah memiliki media publikasi dalam situs tribratanews.com. termasuk juga berbagai media sosial (medsos) seperti facebook, twitter, Instagram yang dibuat masing-masing satuan dengan laporan dan foto kegiatan.

"Melalui pemanfaatan media yang optimal seperti itu, masyarakat bisa mengetahui secara langsung apa yang sedang dilakukan oleh Polisi. Khususnya dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pengayom demi menjaga kamtibmas," jelasnya.

Namun di sisi lain, Polri juga butuh perbaikan seiring dengan kemajuan di bidang media publikasi. Terlebih hingga saat ini terdapat beberapa kasus kriminal yang cenderung mendapat perhatian serius dari instansi korp baju cokelat. "Sederhananya, institusi Polri memang ada kemajuan dari sisi publikasi media. Lemahnya justru dalam pengungkapan kasus kriminal yang terkesan tertutupi dengan gencarnya promosi program," imbuhnya.

"Oleh karena itu, momentum HUT Ke-72 Bhayangkara kali ini harus menjadi momentum untuk berbenah. Sehingga terjadi proses keseimbangan antara promosi dengan kinerja pengungkapan kasus, seperti narkoba yang selama ini memang menjadi atensi. Mau tidak mau harus terus dilakukan," pungkas mahasiswa program Magister Media dan Komunikasi UNAIR Surabaya. [pin/kun]

Tag : pwi pamekasan

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan