Datangi Malaysia

Bupati Faida Diharapkan Biayai Perawatan TKW Asal Jember

Selasa, 12 Juni 2018 19:41:27
Reporter : Oryza A. Wirawan
Bupati Faida Diharapkan Biayai Perawatan TKW Asal Jember
Faida Bupati Jember

Jember (beritajatim.com) - Sekretaris Jenderal Federasi Tenaga Kerja Indonesia Sarikat Buruh Muslimin Indonesia Mohammad Rosul menyambut baik kedatangan Bupati Faida ke Malaysia untuk mengurus pemulangan jenazah Amintyas Wahyudi (34), tenaga kerja Indonesia (TKI) asal  Dusun Sumuran, Desa Klompangan, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Amintyas bertolak ke Malaysia pada 5 November 2017 tanpa dokumen resmi dan bekerja menjadi petugas kebersihan di salah satu perusahaan otomotif. Dia mengalami sakit pada 20 Mei 2018, dan diantarkan salah satu rekan serumahnya ke rumah sakit di Kuala Lumpur.

Ternyata di sana Amintyas terdeteksi mengalami TBC, sehingga harus dirawat intensif selama tujuh hari. Tanggal 27 Mei dini hari, jam 00.08, dia meninggal. Ketiadaan biaya membuat pemulangan jenazah Amintyas terkatung-katung selama berhari-hari, dan akhirnya diurus oleh FTKI Sarbumusi NU.

"Saat ini masih ada tenaga kerja wanita yang sakit di Malaysia. Harapan saya, bupati menjenguk TKW yang sakit ini. Saya sudah memberi datanya ke Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Jember," kata Rosul, Selasa (12/6/2018).

TKW bernama Indah Puspita Sari (33) ini sudah 1,5 bulan dirawat di rumah sakit. "Billing (tagihan biaya)-nya di atas sekitar Rp 130 juta. Kalau bisa bupati menjenguk, menanyakan kabarnya.

Kabarnya sih sudah mulai membaik. Yang jadi pertanyaan: bagaimana cara melunasi billing itu? Kalau bupati sekalian melunasi biaya rumah sakit almarhum Amintyas, sekaligus biaya TKW itu, karena sama-sama warga Jember," kata Rosul. [wir/ted]

Tag : tki

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan