KPU Pamekasan: Bom Surabaya Tak Ganggu Tahapan Pilkada

Rabu, 16 Mei 2018 21:53:30
Reporter : Samsul Arifin
KPU Pamekasan: Bom Surabaya Tak Ganggu Tahapan Pilkada

Pamekasan (beritajatim.com) - Ketua KPU Pamekasan Mohammad Hamzah menyatakan aksi terorisme yang melanda Surabaya dan Sidoarjo dalam beberapa hari terakhir, tidak mengganggu tahapan pelaksanaan pilkada serentak yang akan digelar 27 Juni 2018.

Terlebih selama ini pihaknya juga intens melakukan komunikasi dan koordinasi bersama instansi pengamanan pesta demokrasi lima tahunan tingkat kabupaten, yakni Polres Pamekasan maupun Kodim 0826 Pamekasan.

"Alhamdulillah tidak mengganggu (tahapan pilkada), kami sebagai penyelenggara tetap bekerja sebagaimana mestinya dan sesuai dengan tahapan yang sudah terjadwal," kata Ketua KPU Pamekasan Mohammad Hamzah, Rabu (16/5/2018).

Hanya saja pihaknya mengimbau seluruh jajarannya untuk selalu waspada dan terus melakukan koordinasi dari instansi pengamanan. "Jadi kami meminta kepada petugas penyelenggara pemilu di semua tingkatan untuk tetap berhati-hati dan meningkatkan koordinasi dengan aparat keamanan," ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengimbau kepada penyelenggara agar tidak mudah terpengaruh dengan informasi yang tidak jelas sumbernya. "Kalau ada kabar yang menakutkan, sebaiknya segera melakukan klarifikasi kepada KPU secara langsung," pungkasnya.

Khusus untuk pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tingkat kabupaten di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam, terdapat sebanyak dua pasangan calon akan bersaing untuk memperebutkan jabatan sebagai bupati dan wakil bupati Pamekasan periode 2018-2023.

Kedua pasangan tersebut masing-masing pasangan Badrut Tamam dan Raja'e (Berbaur), serta pasangan KH Kholilurrahman dan Fathor Rohman (Kholifah). Kedua paslon tersebut didukung sebanyak delapan partai politik (parpol) berbeda, masing-masing paslon didukung empat parpol.

Empat parpol pengusng dan pendukung Berbaur meliputi Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sementara empat parpol pendukung Kholifah meliputi Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sedangkan untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi Jawa Timur (Pilgub Jatim), terdapat dua pasangan calon yang akan bersaing. Masing-masing pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Listanto Dardak, serta pasangan Saifullah Yusuf dan Puti Soekarnoputri. [pin/suf]

Tag : pilkada pamekasan

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan