Minimalisir Kecelakaan

Kementerian Perhubungan Diminta Kembali Fungsikan 20 Jembatan Timbang

Rabu, 16 Mei 2018 19:27:18
Reporter : M. Ismail
Kementerian Perhubungan Diminta Kembali Fungsikan 20 Jembatan Timbang

Sidoarjo (beritajatim.com) - Anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Soekartono meminta kepada Kementerian Perhubungan untuk menfungsikan 20 jembatan timbang yang semula ditutup dan hanya empat beroperasi, kesemuanya kembali dibuka.

Pasalnya banyak terjadi kecelakaan karena beban muatan alat transportasi seperti truk melebihi kapasitas karena tanpa melewati jembatan timbang. Karena beban melebihi kapasitas mengakibatkan pengemudi tidak bisa mengendalikan kendaraanya hingga timbul kecelakaan.

"Di Jawa Timur ada 20 jembatan timbang, hanya empat yang dibuka. Saya harap Menteri Perhubungan untuk semua jembatan timbang di Jawa Timur difungsikan," kata Bambang Haryo saat mendatang jembatan timbang di Trosobo Taman Rabu (16/5/2018).

Dia menuturkan juga, bahwa alat transportasi saat ini rata-rata sudah memenuhi syarat. Namun kadang infrastrukturnya masih kurang. Maksudnya seperti jembatan layang atau jalan yang ada, masih tetap bangunan lama sehingga terjadi jembatan ambruk di Jember dan Widang.

"Ya saya harus disesuaikan, jembatan atau jalan yang dilewati oleh alat transportasi sesuai dengan kapasitas yang ada sehingga tidak menimbulkan kecelakaan," jelasnya.

Politisi Gerindra itu juga meminta alat jembatan timbang yang menggunakan sistem digital dan dibeli dengan APBN senilai Rp 2 milyar juga difungsikan. Alat itu bisa lansung mendetekai jika sampai ada pelanggaran berat dan lainnya.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XI Provinsi Jatim Ahmadi Zubaidi mengatakan sesuai dengan rapat dengan Bambang Haryo, yang harus di perhatikan.

Yakni pengembalian muatan transportasi. Dan ini harus dibarengi dengan kemampuan peningkatan daya dukung jalan harus secara bareng-bareng agar tidak terjadinya kecelakaan. Saat ini yang ada, jembatan atau daya jalan masih bangunan tahun 80 an.

"Ya saran ini akan kami perhatikan. Masalah ini juga akan kami sampaikan kepada atasan. Pastinya nanti jika kekurangan SDM dalam pengoperasian fungsi jembatan timbang, akan minta tolong Dishub Jatim," papar dia. (isa/ted)

Tag : idul fitri

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan