Ngurus KTP di Sampang Tak Cukup Sehari

Jum'at, 13 April 2018 12:33:41
Reporter : Zamachsari
Ngurus KTP di Sampang Tak Cukup Sehari

Sampang (beritajatim.com) - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang terancam dipecat. Ancaman itu jika tidak bisa melayani pembuatan dokumen kependudukan dalam waktu maksimal 24 jam.

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan. Aturan tersebut mengatur tentang proses penerbitan dokumen kependudukan harus dilakukan dalam rentan waktu 1-24 jam.

Dokumen kependudukan yang ditingkatkan kualitas pelayanannya antara lain kartu keluarga (KK), kartu tanda penduduk eletronik (e-KTP), akta kelahiran, akta perkawinan, akta kematian, dan surat keterangan pindah.

"Pada bunyi pasal 3 ayat (1) Permendagri itu, dijelaskan jumlah dokumen yang harus selesai dalam jangka waktu satu hari," kata anggota Komisi I DPRD Sampang, Samsul Arifin, Jumat (13/4/2018).

Lanjut Samsul Arifin, aturan tersebut dikeluarkan sebagai respons permintaan presiden Republik Indonesia agar Kemendagri mempercepat proses pembuatan e-KTP, di mana semua perangkat daerah yang berhubungan dengan layanan kependudukan diharuskan melakukan pelayanan jemput bola untuk mempersingkat pembuatan e-KTP.

"Ini juga perlu diterapkan terutama untuk wilayah yang akses ke kantor pemerintahannya jauh dan kendala lainnya," tegasnya.

Ancaman pemecatan kepala dispendukcapil yang gagal melayani pembuatan dokumen kependudukan telah sesuai ketentuan yang terdapat dalam pasal 11 Permendagri tersebut.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Dispendukcapil Kabupaten Sampang, R. Achmadi menyatakan bahwa saat ini layanan penerbitan dokumen kependudukan sebenarnya bisa selesai dalam waktu yang telah ditentukan. Bahkan pihaknya mengaku telah melakukan pelayanan jemput bola ke berbagai daerah di Kabupaten Sampang.

"Kami sudah menyediakan layanan jemput bola, dengan memberdayakan beberapa unit mobil ke beberapa kecamatan," tandasnya. [sar/but]

Tag : pemkab sampang

Berita Terkait

Kanal Politik & Pemerintahan