Relawan Demokrasi untuk Tekan Angka Golput Pilgub Jatim

Selasa, 13 Maret 2018 21:43:02
Reporter : Oryza A. Wirawan
Relawan Demokrasi untuk Tekan Angka Golput Pilgub Jatim

Jember (beritajatim.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember bertemu dengan para anggota Relawan Demokrasi (Relasi) untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur, Selasa (13/3/2018).

Komisioner KPU Jember Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat Ahmad Hanafi mengatakan, ada lima segmen masyarakat yang disasar relawan ini, yakni perempuan, pemilih pemula, pemilih muda, agama, dan disabilitas. 

"Kami minta relawan demokrasi melakukan sosialisasi dan penyadaran politik, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur ini,'" katanya.

Relawan Demokrasi ini melanjutkan apa yang sudah dilaksanakan KPU Jember pada pemilu 2014. "Kemarin saat pilkada Jember 2015, kami juga melakukan langkah serupa. Kami mendorong Relasi ini melakukan sosialisasi," kata Hanafi.

"Masing-masing segmen terdiri atas dua relawan. Ini berbeda pada pemilu sebelumnya, di mana masing-masing segmen (dikawal) lima relawan. Ini pertimbangannya faktor anggaran. Tapi walau pun jumlahnya berkurang, kami berharap ini tidak mengurangi efektivitas dan daya dorong mereka dalam melakukan sosialisasi di masing-masing segmen," kata Hanafi.

Khusus untuk penyandang disabilitas, KPU Jember meminta bantuan dari kalangan tersebut untuk menjadi relawan. "Kebetulan di Jember ada Persatuan Penyandang Cacat. Kami bekerjasama dengan mereka untuk melakukan sosialisasi di internal penyandang disabilitas," kata Hanafi. 

KPU Jember akan menggelar bimbingan teknis pada 21 Maret 2018. "Setelah itu kami berharap mereka bekerja cepat. Kami berharap semua lapisan masyarakat bisa memperoleh informasi terkait pelaksanaan pilgub. Kami berharap informasi ini terdistribusikan kepada seluruh segmen masyarakat, sehingga partisipasi bisa meningkat," kata Hanafi. KPU Jember menargetkan angka partisipasi di Jember 65 persen. [wir/ted]

Tag : pilgub jatim

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan