Pilkada Serentak, Komisi III DPR-RI Ingatkan Polisi Netral

Selasa, 20 Februari 2018 20:33:16
Reporter : Misti P.
Pilkada Serentak, Komisi III DPR-RI Ingatkan Polisi Netral

Mojokerto (beritajatim.com) - Anggota Komisi III DPR RI yang dipimpin Dossy Iskandar Prastyo melakukan kunjungan kerja di Polres Mojokerto untuk memastikan dan mengecek kesiapan anggota kepolisian di setiap wilayah. 

Anggota Fraksi Hanura ini mengingatkan agar polisi netral dalam pilkada serentak. Sejumlah anggota Komisi III DPR RI disambut Kapolres Mojokerto, AKBP Leonardus Simarmata dan Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Puji Hendro Wibowo dan jajaran. 

Rombongan melakukan pertemuan di ruang Command Center yang berada di lantai II Polres Mojokerto untuk melihat kesiapan anggota kepolisian dalam pilkada serentak. "Pilkada sebagai satu kepentingan nasional yang digelar secara serentak. Saat ini sudah masuk tahapan pemilu, kita ingin tahu persis kesiapan aparat terutama kepolisian baik rencana pengamanan, maupun tugas kamtibmas lainnya," ungkapnya usai melakukan pertemuan, Selasa (20/2/2018).

Masih kata Dossy, Komisi III DPR RI melakukan pengecekan di tingkat bawah apakah sudah sesuai apa yang disampaikan Kapolri saat dengar pendapat maupun pertemuan dengan Kapolda. 

Yakni terkait kesiapan aparat di masing-masing kabupaten dan kota sehingga Komisi III DPR RI melakukan konfirmasi dan cek langsung.  "Kita sudah punya command center, tentunya sangat membantu dan mendeteksi secara cepat atas semua laporan kejadian dan gangguan masyarakat untuk deteksi dini. Berbagai informasi strategis dan kejadian di daerah bisa diambil keputusan oleh pimpinan dan kita dicek disini," katanya. 

Pihaknya mengapresiasi paparan yang disampaikan baik oleh Kapolres Mojokerto maupun Kapolres Mojokerto Kota. Karena memberikan jaminan apa yang menjadi kebijakan nasional di wilayahnya bisa dilaksanakan dengan baik, aman dan lancar. 

Dossy mengingatkan agar polisi netral dalam pilkada serentak tersebut. "Pilkada, jalan sesuai mekanisme perundang-undang, kita ingatkan janji polisi netral, janji polisi tidak memihak, janji polisi yang memberikan jaminan keamanan dan berlaku adil. Tidak hanya proses pelaksanaannya tapi juga dalam tahapan perencanan, keterlibatan menginventarisasi berbagai potensi gangguan, semua  kita komunikasi," ujarnya. 

Tujuannya agar jaminan keamanan dan berbuat adil dapat terjadi. Pasalnya, tegas Dossy, tugas Komisi III adalah mengawal dan sebagai orang Jawa Timur, Dossy berharap pilkada serentak di Jatim yang digelar pada tanggal 27 Juni 2018 dapat berjalan aman dan kondusif.[tin/ted]

Tag : pemilu

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan