Malam Rapat 212, Siang Temui Wabup Jember

Selasa, 09 Januari 2018 21:39:00
Reporter : Oryza A. Wirawan
Malam Rapat 212, Siang Temui Wabup Jember

Jember (beritajatim.com) - KH Syaiful Rijal, pengasuh Pondok Pesantren Ash-Shiddiqi Putri dan keponakan Rois Aam PBNU 1984-1991 KH Achmad Shiddiq, menemui Wakil Bupati Abdul Muqit Arief di kantor Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (9/1/2018) siang. 

Sebelumnya pada Senin malam (8/1/2018), Syaiful Rijal memimpin pertemuan sejumlah ulama membahas Aksi 212 untuk mengkritisi kondisi Jember.

Pertemuan berjalan singkat. Gus Syef, sapaan akrab Syaiful Rijal, hanya menyampaikan 22 persoalan sepanjang dua tahun pemerintahan Jember saat ini. Tidak ada dialog. "Sampeyan sibuk," katanya kepada Muqit.

Gus Syef mengatakan kedatangannya menemui Muqit adalah salah satu bentuk tanggung jawab moral sebagai pendukung pasangan Faida-Muqit saat pemilihan kepala daerah. 

"Mereka berangkat menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum dari rumah saya. Mau tidak mau saya punya tanggung jawab moral kepada konstituen, kepada santri saya, kepada teman-teman saya," katanya.

Gus Syef mengaku banyak mendapat pertanyaan soal kondisi Jember dan ingin mengklarifikasinya langsung kepada Muqit. Ia sudah merangkum 22 persoalan dan kebijakan kontroversial di Jember. Rangkuman ini juga dibahas dalam pertemuan dengan sejumlah ulama kemarin malam. Hasilnya mereka sepakat menggelar Aksi 212 pada 21 Februari 2018.

Respons terhadap rencana Aksi 212 ini di luar dugaan Gus Syef. "Tadi pagi ada seorang kiai yang selama ini dikenal lugu (tidak berpolitik) menyampaikan siap bergabung," katanya. [wir/ted]  

Tag : aksi 212

Berita Terkait

Kanal Peristiwa