Tahun Depan, 216 Titik di Jember Dipasangi CCTV

Kamis, 07 Desember 2017 14:08:53
Reporter : Oryza A. Wirawan
Tahun Depan, 216 Titik di Jember Dipasangi CCTV

Jember (beritajatim.com) - Tahun depan aparat kepolisian bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, akan memasang kamera pengawas (CCTV) di ratusan titik. Ini salah satu ikhtiat untuk menghadapi kejahatan dan pelanggaran hukum.

"Saat ini sudah ada 50 titik dipasangi CCTV. Tahun depan totalnya ada 216 titik," kata Kepala Kepolisian Resor Jember Ajun Komisaris Besar Kusworo Wibowo, dalam peresmian pembangunan Intelligent Transport System dalam Command Center di Polres Jember, Kamis (7/12/2017).

Kusworo mengatakan, CCTV ini berguna untuk mengantisipasi kriminalitas dan kemacetan lalu lintas. CCTV ditempatkan di titik-titik rawan kemacetan lalu lintas. "Apabila ada kemacetan, saat awal mula macet, petugas sudah bisa hadir. Begitu pula tempat-tempat rawan kriminalitas dan keramaian seperti stasiun, pasar, terminal. Jadi wajah pelaku bisa terekam. Petugas bisa langsung mendapatkan informasi awal untuk melakukan penyelidikan," jelasnya.

"Begitu juga di tempat-tempat terjadinya unjuk rasa. Nanti akan dipasangi CCTV, sehingga bila ada tindakan anarkis, menunggangi di situ, atau tindakan melanggar hukum bisa terekam. Harapannya petugas bisa hadir cepat saat masyarakat butuh. Kedua, masyarakat bisa merasa aman dan nyaman. Ketiga, menurunkan niat melakukan kejahatan," kata Kusworo.

Ratusan titik tersebut sudah didata oleh polisi. "Kami mengajukan permohonannya kepada Pemkab Jember. Setelah ini dari Kepala Dishub, Kepala Satuan Lalu Lintas, dan Kepala Satuan Reserse dan Kriminalitas akan survei titik-titiknya. Ke depannya, CCTV ini untuk merekam kendaran-kendaraan yang melanggar lalu lintas," kata Kusworo. [wir/kun]

Tag : pemkab jember

Berita Terkait

Kanal Politik & Pemerintahan