Bupati Sampang Ingatkan ASN Tidak Boleh Berpolitik

Kamis, 07 Desember 2017 13:57:20
Reporter : Zamachsari
Bupati Sampang Ingatkan ASN Tidak Boleh Berpolitik
Fadhilah Budiono Bupati Sampang

Sampang (beritajatim.com) - Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Sampang 2018 Bupati Sampang Fadhilah Budiono mewanti-wanti agar aparat sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat tetap menjaga netralitas.

Hal tersebut ia sampaikan menyusul adanya indikasi keterlibatan sejumlah ASN yang ikut berpolitik praktis, baik memberi dukungan kepada calon tertentu atau bertindak sebagai bakal calon.

"ASN harus netral dan tidak berpolitik praktis dan itu harus diperhatikan oleh semuanya tanpa terkecuali," terangnya, Kamis (7/12/2017).

Ia juga mengatakan, saat ini sudah memasuki tahun politik. Sehingga, para pihak yang berkepentingan untuk maju pada Pemilukada Kabupaten Sampang, mulai melakukan berbagai upaya agar bisa meraih dukungan masyarakat.

Sementara sebagai pelayan masyarakat, ASN harus bisa menempatkandiri dan tidak terjebak kepada politik praktis. "ASN harus tetap netral," himbaunya.

Menurut mantan Kapolres Sampang tersebut, jika nantinya ada ASN yang diketahui terjun dalam politik praktis, atau menjadi tim sukses salah satu bakal calon, maka yang bersangkutan bisa disanksi, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Pada Pasal 9 ayat (2) Undang-Undang Nomor 5  Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang menyebutkan bahwa ASN tidak boleh berpolitik," pungkasnya.[sar/ted]

Tag : pemkab sampang

Berita Terkait

Kanal Politik & Pemerintahan