Tjahjo: Rusak Kantor Kemendagri, Itu Tampar Wajah Saya

Kamis, 12 Oktober 2017 16:45:50
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Tjahjo: Rusak Kantor Kemendagri, Itu Tampar Wajah Saya

Surabaya (beritajatim.com) - Mendagri RI Tjahjo Kumolo meminta aparat kepolisian memproses secara hukum bagi pelaku penyerangan kantor Kemendagri di Jakarta pada Rabu (11/10/2017) kemarin.

"Dengan merusak kantor, sama saja dengan menampar wajah saya. Saya minta diproses secara hukum. Tidak boleh ini, dia sudah salah alamat, apalagi ini adalah haknya MK yang final mengikat. Tapi soal ada kecurangan, soal ada gugatan sudah diproses semua. Mudah-mudahan ini tidak berimbas pada yang lain," tegas Tjahjo kepada wartawan di Surabaya, Kamis (12/10/2017).

Pelaku yang terdiri dari puluhan orang tersebut mengatasnamakan dirinya sebagai Barisan Merah Putih Tolikara yang merupakan pendukung calon Bupati Tolikara Jhon Tabo-Barnabas Weya yang kalah pada Pilkada 2017.

Dia sangat menyesalkan kejadian tersebut. Pasalnya, tuntutan massa salah alamat. Bahkan, lanjut Tjahjo, Kemendagri melalui Direktur Jenderal Otonomi Daerah Soemarsono sudah dua kali menemui massa tersebut dan menjelaskan secara baik-baik pokok permasalahan yang mereka tuntut.

"Saya menyesalkan, saya sudah terima mereka dua kali. Dirjen saya menerima terus, tapi tidak bisa, bukan kewenangan Mendagri. Apalagi permintaan dia memberikan SK bagi yang kalah untuk membatalkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) itu kan tidak bisa," tukasnya.

Untuk diketahui, penyerangan tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB sebelum membahas sengketa Pilkada Tolikara 2017 dengan Dirjen Otoda Soni Soemarsono. Namun, sebelum pertemuan dimulai, massa kabur dari ruangan kemudian langsung menyerang Kantor Kemendagri.

Atas penyerangan tersebut, beberapa pot bunga dan kaca di kantor Kemendagri pecah. Sebuah mobil dinas milik pejabat Kemendagri juga terlihat rusak. Sebanyak 15 pelaku penyerangan berhasil diamankan aparat Polda Metro Jaya. [tok/but]

Tag : pemilu

Berita Terkait

Kanal Politik & Pemerintahan