Deklarasi Pilkades Damai, Pemkab Pamekasan Beri Apresiasi

Rabu, 13 September 2017 17:06:14
Reporter : Samsul Arifin
Deklarasi Pilkades Damai, Pemkab Pamekasan Beri Apresiasi

Pamekasan (beritajatim.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan mengapresiasi langkah Polres setempat yang menggelar deklarasi damai untuk pelaksanaan Pilkades Serentak 2017.

Pelaksanaan pilkades serentak nantinya akan digelar di 13 desa di enam kecamatan berbeda di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam, yakni Rabu (11/10/2017) mendatang.

Namun Polres Pamekasan menggagas sekaligus mempertemukan sebanyak 39 calon kepala desa (cakades) guna menandatangani deklarasi damai yang digelar di Gedung Bhayangkara Polres Pamekasan Jl Stadion 81, Selasa (12/9/2017) kemarin.

"Terima kasih kepada Kapolres (AKBP Nowo Hadi Nugroho) yang sudah menggelar acara ini, sebab kami ingin pilkades serentak berjalan lancar dan sukses," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan Mohammad Alwi, Rabu (13/9/2017).

Pihaknya menilai tradisi warga Madura dalam melaksanakan berbagai momentum perlu dilestarikan. "Dalam istilah Madura 'e amidhi', ini bentuk permohonan kepada cakades dan para pendukung untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban pilkades," ungkapnya.

"Tapi soal teknis itu menjadi wewenang panitia (pilkades), dan kalau ada persoalan kami tidak masuk dalam persoalan teknis. Semuanya tergantung dari panitia maupun forpimka dan instansi terkait," jelasnya.

Pilkades serentak 2017 di Pamekasan akan digelar di enam kecamatan berbeda, meliputi Kecamatan Batumarmar (Desa Bangsereh dan Bujur Tengah), Pademawu (Jarin dan Pademawu Barat), Pagantenan (Ambender dan Bulangan Haji), Palengaan (Banyupelle, Kacok dan Pelengaan Laok), Pasean (Tagangser Dejeh), dan Proppo (Bilaan, Pangbatok dan Toket). [pin/but]

Tag : pilkades pamekasan

Berita Terkait

Kanal Politik & Pemerintahan