Berikut Saran PWI kepada Pemkab Sidoarjo

Jum'at, 08 September 2017 12:39:29
Reporter : M. Ismail
Berikut Saran PWI kepada Pemkab Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, H. Akhmad Munir meminta kepada Pemkab Sidoarjo untuk mencontoh Pemprop Jatim dalam memperlakukan media.

Penegasan itu disampaikan H. Akhmad Munir saat menjadi pembicara di acara Dinas Komunikasi dan Informasi Kab Sidoarjo bertemakan Pembinaan Kompetensi Insan Pers Menuju Profesionalisme Dalam Rangka Mendukung Pembangunan Daerah di Royal Tretes View Hotel.

Dia menjelaskan, pers yang profesional mematuhi kode etik pers yang sudah diatur dalam UU Pers No 40 tahun 1999. Pers dalam menjalankan tugasnya tidak terpengaruh oleh kepentingan apapun.

"Produk jurnalistik yang dihasilkan dapat memberikan informasi edukatif, mencerahkan dan berimbang sesuai kode etik jurnalistik," katanya Jumat (8/9/2017).

Dan keberadaan jurnalistik sendiri, sambung Munir, harus berada di bawah perusahaan media yang legalitasnya berbadan hukum dan diakui oleh Dewan Pers. "Seperti di Pemprov Jatim sendiri media yang terdaftar, mayoritas media yang eksis, berbadan hukum, wartawannya kompeten dan medianya diakui oleh Dewan Pers," terangnya.

Dia akui Munir, memang saat ini banyak media yang menginginkan diakui oleh Dewan Pers. Dan syarat agar diakui, media itu sendiri harus memenuhi persyaratan yang ada. Keberadaan media harus mampu menjaga keseimbangan idealisme pers dan menyajikan informasi yang kondusif serta memperjuangkan kebenaran.

“Tidak hanya soal keberadaan media, tapi perkembangan informasi yang diterima wartawan yang akan disuguhkan kepada masyarakat yang benar adanya dan tidak boleh hoax," pungkas Ketua Kantor Berita Antara Biro Jatim itu menegaskan. [isa/but]

Tag : pemkab sidoarjo

Berita Terkait

Kanal Politik & Pemerintahan