Lindungi Konsumen, Kabupaten Sidoarjo Akan Tera Ulang Alat Ukur

Selasa, 05 September 2017 16:50:18
Reporter : M. Ismail
Lindungi Konsumen, Kabupaten Sidoarjo Akan Tera Ulang Alat Ukur
Saiful Ilah (kanan) Bupati Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sidoarjo akan segera bisa melakukan tera ulang terhadap berbagai alat ukur dengan standar yang sudah ditentukan untuk lindungi konsumen.

Penegasan itu disampaikan Kepala Dinas Disperindag Kabupaten Sidoarjo Fenny Apridawati saat mendampingi Bupati Sidoarjo Saiful Ilah di Pendopo dalam Launching Kantor Metrologi Legal Kabupaten Sidoarjo di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.

Fenny mengatakan, pihaknya berupaya selalu dan berusaha  untuk memberikan perlindungan terhadap konsumen agar perdagangan bisa berlaku jujur.

"Untuk maksud itulah kantor UPT Metrologi akan segera dibangun. Ada lahan di Lingkar Timur seluas sekitar 6000 M2," katanya.

Dalam kesempatan itu, Fenny juga menunjukkan kepada Bupati Sidoarjo H. Saiful llah, alat tera yang baru diterima dari Kementerian Perdagangan tersebut.

"Alat ukur ini resmi dan dikirim dari Kementerian Perdagangan. Tera ulang bisa untuk segala jenis timbangan di perusahaan, pasar, SPBU dan lainnya," terang Fenny.

Dalam kesempatan yang sama, Saiful berharap, untuk kedepannya apabila sudah ada kantor UPT ini, pengecekan atau tera ulang terhadap alat ukur bisa dilakukan sewaktu-waktu. Dengan begitu pihak yang akan melakukan pengecekan alat ukur bisa terlayani dengan baik.

"Untuk saat ini, petugas Disperindag  yang berkompeten melakukan praktek tera ulang ini, ada dua petugas. Keduanya  juga sudah lulus pendidikan soal tera ulang selama 8 bulan," sebutnya.

Saiful llah menambahkan, dengan alat ini, para konsumen tidak perlu merasa tertipu saat melakukan transaksi perdagangan dengan menggunakan berbagai alat ukur.

Ada sebuah tanda khusus terhadap alat ukur yang sudah dilakukan tera ulang dan ini dilakukan secara berkala.

"Ada seperti stempel pada alat ukur yang sudah dilakukan tera ulang oleh petugas," jelas Saiful sambil menunjukkan alat tera.

Disebutkan Saiful llah, pendapatan Kabupaten Sidoarjo dari tera ulang berbagai alat ukur perdagangan sampai bulan Agustus ini mencapai Rp 311 Juta dari target pertahun yang ditetapkan setiap tahunnya sebesar Rp 300 Juta.

"Dengan kewenangan yang diberikan kepada Disperindag Kab Sidoarjo ini dalam melakukan tera ulang sendiri, tahun depan kita naikkan targetnya menjadi Rp1,25 milyar setiap tahunnya," pungkas Ketua DPC PKB tiga periode jalan ini. (isa/ted)

Tag : pemkab sidoarjo

Berita Terkait

Kanal Politik & Pemerintahan