Legislator Minta Dinsos Pamekasan Tambah Anggaran Bagi Warga Miskin

Minggu, 13 Agustus 2017 00:09:04
Reporter : Samsul Arifin
Legislator Minta Dinsos Pamekasan Tambah Anggaran Bagi Warga Miskin

Pamekasan (beritajatim.com) - Legislator Pamekasan Ismail meminta Dinas Sosial (Dinsos) setempat agar melakukan pendataan secara valid sekaligus menambah alokasi anggaran untuk masyarakat kurang mampu.

Hal itu diungkapkan setelah pihaknya mendapatkan laporan berkenaan dengan masyarakat kurang mampu yang harus berjuang menjalani kehidupan sehari-hari, sehingga dibutuhkan perhatian serius dari pemerintah.

"Memang persoalan kemiskinan di Pamekasan ini sangat kompleks, tapi persoalannya berada di pendataan. Seharusnya dinas terkait harus betul-betul memperhatikan hal itu," kata Ismail, Sabtu (12/8/2017).

Selain itu, pihaknya juga sempat meminta instansi terkait agar segera melakukan pendataan secara menyeluruh. Sekaligus menambah anggaran untuk mengantisipasi dan meminimalisir warga kurang mampu. "Bagaimanapun dinsos harus peka dan memberikan bantuan bagi mereka secara berkelanjutan," ungkapnya.

"Kami juga sudah meminta agar anggaran kemiskinan ditambah, khususnya untuk APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) 2018 mendatang," sambung politisi muda Partai Demokrat itu.

Tidak hanya itu, pihaknya juga sempat mewanti-wanti agar dinsos mengambil langkah konkrit guna menanggulangi persoalan kemiskinan di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. "Jadi data orang miskin yang tidak punya rumah harus diperjelas, sehingga program ini berjalan sebagaimana mestinya," tegasnya.

"Bahkan dalam undang-undang (negara) kita, fakir miskin dan orang tidak mampu ditanggung negara. Jika tidak melayani justru kita berdosa, apalagi hal itu selaras dengan undang-undang," jelasnya.

Dari itu pihaknya mengajak dinsos agar benar-benar melakukan pendataan secara menyeluruh, guna menentaskan persoalan kemiskinan di Pamekasan. "Mari kita anggarkan dengan hal yang realistis, sebab hal itu jelas menjadi tanggungjawab kita bersama," pungkasnya.

Namun hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari instansi terkait. Saat mencoba mencoba melakukan konfirmasi kepada Kepala Dinsos Pamekasan Arif Handayani, terdengar nada tidak aktif. [pin/suf]

Tag : dprd pamekasan

Berita Terkait

Kanal Politik & Pemerintahan