DPRD Pamekasan Minta Pemkab Mediasi Pabrik dan Petani Tembakau

Sabtu, 12 Agustus 2017 20:49:56
Reporter : Samsul Arifin
DPRD Pamekasan Minta Pemkab Mediasi Pabrik dan Petani Tembakau

Pamekasan (beritajatim.com) - DPRD Pamekasan meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat agar menjadi mediator pihak pabrikan dengan para petani tembakau.

Hal itu disampaikan menjelang masa panen tembakau sekaligus masa pembelian tembakau oleh pabrikan. Bahkan pihak eksekutif juga berencana untuk bisa segera berkordinasi bersama pabrikan berkenaan dengan sistem pembelian tembakau 2017.

"Dalam waktu dekat kita akan segera berkordinasi bersama pihak pabrikan untuk membahas sistem pembelian, termasuk juga jumlah serapan tembakau petani di setiap pabrik," kata Wakil Ketua DPRD Pamekasan Suli Faris, Sabtu (12/8/2017).

Koordinasi tersebut diharapkan bisa mengetahui secara utuh seputar sistem pembelian tembakau. "Hasil laporan itu membuat kita bisa memprediksi total tonase pembelian yang diberikan pemda, apa sesuai dengan stok produksi petani atau tidak," ungkapnya.

"Jadi jika nanti target pembelian pihak pabrik di bawah stok milik petani, maka pemerintah bisa meminta kepada pihak pabrikan agar menambah tonase pembelian," sambung politisi Partai Bulan Bintang (PBB) itu.

Selain itu biaya produksi petani juga sangat penting untuk diketahui, mulai dari masa tanam hingga panen. Dalam artian, pabrikan tidak membeli tembakau petani di bawah biaya produksi, sehingga bisa memberikan keuntungan bagi semua pihak khususnya para petani tembakau.

"Dengan begitu pemerintah bisa menekan pabrik untuk tidak membeli tembakau di bawah biaya produksi petani, sehingga nanti pemerintah bisa memberikan harga rata-rata dari semua pabrikan," jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya meyakini jika pihak pabrik maupun petani sama-sama membutuhkan. Sehingga pihak pabrik juga memahami kondisi para petani. "Jadi jangan mentang-mentang mempunyai uang kemudian bertindak semena-mena kepada petani dengan membeli tembakau di bawah biaya produksi," tegasnya.

"Oleh karena itu, perlu ada campur tangan pemerintah untuk mengatasi persoalan tersebut. Sehingga semua pihak tidak merasa dirugikan," pungkas pria yang digadang-gadang bakal meramaikan momentum Pilkada 2018 mendatang. [pin/suf]

Tag : dprd pamekasan

Berita Terkait

Kanal Politik & Pemerintahan