Pemdes Panggungrejo Gencarkan Program Bedah Rumah

Kamis, 10 Agustus 2017 20:15:09
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Pemdes Panggungrejo Gencarkan Program Bedah Rumah

Malang (beritajatim.com) - Sedikitnya 25 rumah tak layak huni (RTH) akan dibedah. Program itu akan di gencarkan Pemerintah Desa Panggungrejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, sampai dengan tahun 2019 mendatang.

Program bedah rumah itu sekaligus mendukung visi dan misi Pemerintah Kabupaten Malang, melalui program Madep Manteb Manetep nya pada tiga sekyor utamanya yakni sektor pariwisata, lingkungan hidup dan pengentasan kemiskinan. 

Bedah rumah tak layani huni tersebut, guna menunjang percepatan pembangunan di desa berpenduduk 8800 jiwa ini.

Kepala Desa Panggungrejo, Mochamad Herul mengatakan, bekerjasama dengan masyarakat, pihaknya akan mempercepat laju pembangunan disegala bidang.

"Kami akan menjalankan program Pemerintah Kabupaten Malang, baik pembangunan sarana maupun prasarana, pengentasan kemiskinan termasuk desa wisata. Dalam perjalananan dinas kami enam tahun kedepan, juga akan membentuk BUMDes. Selanjutnya pelayanan masyarakat sejauh ini sudah optimal selama 1x24 jam. Kami juga akan kedepankan transparasi dan keterbukaan,” ungkap Herul, Kamis (10/8/2017).

Kata dia, mengenai kondisi RTLH di Desa Panggungrejo sebanyak 52 unit. Dari jumlah tersebut sebagian sudah dilakukan pemugaran.

Sementara yang tersisa sebanyak 25 unit, saat ini tengah dilakukan pemugaran secara bertahap dengan alokasi dana masing-masing sebesar Rp 20 juta.
“Kami targetkan dua tahun kedepan (2019) jumlah tersebut rampung sesuai harapan,” kata Herul.

Terpisah, Sekretaris Desa Panggungrejo, Hariono menambahkan, selain bedah rumah, pemerintah desa juga telah mengalokasikan Dana Desa(DD) untuk pavingisasi, drainase, plat cor dan perbaikan jalan di seputaran jembatan.

“Pemerintah Desa Panggungrejo selalu transparasi dalam hal alokasi dana. Hampir disetiap sudut desa, kami pasang plang berupa rincian alokasi dana. Itu kami lakukan agar tidak terjadi kecemburuan sosial antara masyarakat dengan pemerintahan desa,” beber Sekdes.

Dengan mengusung maskot 'Kita Jalin Kebersamaan Bersama Masyarakat' Desa Panggungrejo juga kaya dengan produk unggulan.Selain terdapat home industri kue basah, juga terdapat pengrajin rebana (alat musik gambus).

Tak hanya itu,dalam bidang pertanian dan peternakan, Desa Panggungrejo juga memilki produk unggulan seperti padi dan juga tanaman jagung. (yog/ted)

Tag : pemkab malang

Berita Terkait

Kanal Politik & Pemerintahan