DPRD Pamekasan Ingatkan Kades Transparan Realisasikan Program

Kamis, 10 Agustus 2017 11:37:09
Reporter : Samsul Arifin
DPRD Pamekasan Ingatkan Kades Transparan Realisasikan Program

Pamekasan (beritajatim.com) - Ketua Komosi I DPRD Pamekasan Ismail mengingatkan para kepala desa (kades) agar bisa mengelola Dana Desa (DD) dengan baik dan transparan.

Hal itu disampaikan pasca peristiwa OTT oleh Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkenaan dengan suap proyek DD, termasuk juga pola pendistribusian beras untuk masyarakat miskin (miskin) yang hingga saat ini masih menimbulkan persoalan.

Bahkan realisasi program tersebut cenderung mengakibatkan sejumlah kades harus berurusan dengan hukum akibat penyalahgunaan wewenang yang tidak sesuai dengan regulasi yang ada. "Kami hanya mengimbau agar seluruh kepada desa berhati-hati," kata Ismail, Kamis (10/8/2017).

"Dalam artian, prosedur dan pedoman yang telah ditetapkan pemerintah harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Sehingga prosesnya sesuai dengan harapan banyak pihak," ungkap politisi muda asal Partai Demokrat itu.

Semua program baik DD/ADD maupun raskin harus sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) maupun petunjuk pelaksanaan (juklak). "Bila mengerjakan sesuai dengan perundang-undangan, tugas pokok dan fungsinya, Insha Allah tidak akan ada masalah," tegasnya.

Selain itu pihaknya meminta agar kades melibatkan masyarakat dalam membangun desa, karena salah satu kunci kesuksesan pembangunan yaitu transparansi. "Insha Allah kalau semua mengawasi, tidak akan terjadi permasalahan. Lebih-lebih yang berkenaan dengan hukum," pungkasnya. [pin/kun]

Tag : add, dana desa, pamekasan

Berita Terkait

Kanal Politik & Pemerintahan