Dukcapil Tuban Terima 24 Ribu Material E-KTP

Jum'at, 19 Mei 2017 11:43:22
Reporter : M Muthohar
Dukcapil Tuban Terima 24 Ribu Material E-KTP

Tuban (beritajatim.com) - Selama beberapa bulan terakhir ini pihak Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tuban tidak bisa melakukan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Kendala itu terjadi lantaran tidak mendapatkan kiriman blangko material e-KTP itu dari pemerintah pusat.

Akibat tidak adanya material itu tedapat sekitar 37 ribu warga yang telah melakukan perekaman pembuatan e-KTP belum bisa dicetak. Dan proses cetak saat ini sudah mulai dikebut oleh pihak Dukcapil Tuban setelah mendapatkan kiriman material e-KTP, Jumat (19/5/2017).

Dari total tunggakan e-KTP yang belum tercetak sebanyak 37 ribu itu, pihak Dinas Dukcapil baru mendapatkan material blangko e-KTP itu sebanyak 24 ribu saja. Sehingga masih ada kekurangan sekitar 13 ribu material untuk bisa mencetak semua tunggakan e-KTP dari warga yang sudah melakukan proses perekaman itu.

"Kami baru saja menerima tambahan blangko e-KTP sebanyak 14 ribu. Yang mana sebelumnya sudah datang 10 ribu blangko dari pusat," terang Jony Martoyo, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Tuban.

Dengan sudah adanya material e-KTP itu, Jony mengaku bahwa pihaknya terus melakukan cetak e-KTP sesui dengan data yang sudah masuk. Proses cetak e-KTP itu dilakukan berdasarkan antrean dan sesuai dengan data tanggal proses perekaman.

"Kita terus melakukan cetak sejak kami terima blangkonya supaya segera bisa selesai. Mudah-mudahan bisa segera terpenuhi semuanya," tambah Jony Martoyo.

Untuk jumlah kekurangan material sekitar 13 ribu itu, pihak Dukcapil Tuban belum mengetahui pasti kapan akan dikirim lagi, pasalnya terkait dengan material blangko e-KTP tersebut semua adalah kewenangan dari pusat. Sedangkan untuk warga yang telah melakukan perekaman e-KTP dan belum jadi itu diberikan surat keterangan pengganti e-KTP yang berlaku selama 6 bulan.

"Masyarakat kami minta untuk bersabar, kalau sudah tercetak nanti akan kita terbitkan," pungkasnya. [mut/but]

Tag : e ktp

Berita Terkait

Kanal Politik & Pemerintahan