Dinas PU Bina Marga Sidoarjo Akan 'Sulap' Perempatan Jalan Monginsidi

Jum'at, 28 Oktober 2016 21:08:50
Reporter : M. Ismail
Dinas PU Bina Marga Sidoarjo Akan 'Sulap' Perempatan Jalan Monginsidi

Sidoarjo (beritajatim.com) - Untuk meminimalisir kecelakaan di perempatan Jalan Monginsidi, Dinas PU Bina Marga Sidoarjo bakal membangun trotoar dan persimpangan dengan zebra cross yang sejajar.

Kepala Dinas PU Bina Marga, H. Sigit Setyawan menyatakan, proyek fasum ini melibatkan partisipasi warga yang didampingi United Cities and Local Goverments Asia-Pasicif (UCLG ASPAC), organisasi Internasional beranggotakan pemerintah lokal di kawasan Asia-Pasific.

Trotoar dan persimpangan Jalan Monginsidi, bakal 'disulap' sedemikian rupa. Salah satunya menambah ketinggian zebra cross dari paving agar sama tinggi dengan trotoar.

"Tujuannya agar pengendara menurunkan laju kendaraan saat melewati zebra cross. Dan pejalan kaki yang menyeberang bisa aman," ucap H. Sigit Setiawan, Jumat (28/10/2016).

Sigit menambahkan, program merehab trotoar ini juga melibatkan peran swasta karena pembangunan trotoar bakal didanai oleh pengembang perumahan, yang lokasinya di dekat persimpangan Jalan Monginsidi.

"Dananya akan ditanggung oleh pengembang. Nantinya finishing misalnya pengecatan zebra cross akan melibatkan massa warga," beber mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Sidoarjo ini.

‎David Sagita, Public Space Specialist UCLG ASPAC mengemukakan, ‎zebra cross ini bakal membuat kaget para pengendara karena harus melewati zebra cross yang tingginya sama dengan trotoar. "Namun setelah beberapa tahun, maka pengendara akan sopan dan pejalan kaki bakal nyaman saat melewati zebra cross tersebut," imbuhnya.

David melanjutkan, proyek ini kali pertama di Indonesia. Sebenarnya proyek serupa ada di Klaten, namun tidak melibatkan partisipasi warga. "Kalau trotoar rampung saya yakin warga akan senang," pungkasnya. (isa/kun)

Tag : pemkab sidoarjo

Berita Terkait

Komentar

Kanal Politik & Pemerintahan