Edukasi Masyarakat Tertib Berlalu-lintas

Kabupaten Mojokerto Launching Kampung Lalu Lintas

Kamis, 20 Desember 2018 21:25:44
Reporter : Misti P.
Kabupaten Mojokerto Launching Kampung Lalu Lintas

Mojokerto (beritajatim.com) - Desa Kebondalem, Kecamatan Mojosari, kini resmi menyandang predikat baru sebagai Kampung Lalu-lintas di Kabupaten Mojokerto. Peresmian dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi, didampingi Ketua DPRD Ismail Pribadi serta Kapolres Mojokerto AKBP Setyo Koes Heriyanto, Kamis (20/12/2018).

\"Ini adalah contoh pertama, tidak menutup kemungkinan kampung seperti ini juga akan kita launching di kampung lain. Program ini untuk memberi contoh pada masyarakat, mengenai pentingnya membangun karakter berlalu lintas (taat peraturan, red). Banyak ide yang sedang kita rencanakan, ke depan kita juga berencana membuat Kampung Bebas Narkoba,\" kata Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi.

Wakil Bupati berterima kasih kepada Warga Desa Kebondalem yang telah bekerjasama dengan pemerintah daerah, Polres Mojokerto serta pihak terkait sehingga telah terwujud Kampung Lalu Lintas. Menurutnya, pembangunan Kampung Lalu-lintas merupakan bentuk kerjasama antara berbagai pihak dalam upaya meningkatkan kesadaran tertib lalu lintas.

\"Diharapkan kedepan dengan berhasilnya pembangunan Kampung Tertib Berlalu Lintas ini akan dilanjutkan lagi dengan pembangunan Kampung Bebas Narkoba, Kampung Kawasan Wajib Belajar ataupun program lain yang membawa dampak positif bagi masyarakat khususnya generasi pemuda atau pelajar,\" harapnya.

Senada dengan Wakil Bupati Mojokerto, Kapolres Mojokerto, AKBP Setyo Koes Heriyanto, mengaku ingin agar pilot project tersebut bisa menjadi sarana masyarakat dalam memahami pentingnya kesadaran berlalu lintas dengan benar. \"Laka lantas kita masih tinggi. Jadi perlu sebuah sistem edukasi yang masiv. Kalau mengandalkan petugas saja tanpa dibarengi kesadaran pribadi, tujuan itu mustahil,\" ungkapnya.

Pembangunan Kampung Tertib Lalu Lintas merupakan upaya Polres Mojokerto mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk turut serta dalam mewujudkan tertib berlalu lintas. Kampung Tertib Lalu Lintas yang ada di Desa Kebondalem tersebut diharapkan menjadi pilot project bagi daerah lain dalam mengajak warganya tertib berlalu lintas sehingga dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas yang masih tinggi.

\"Ini salah satu caranya, kita harapkan tertib berlalu lintas menjadi perilaku sehari-hari. Dan dengan dimasukkannya pelajaran tata tertib lalu lintas dalam mata pelajaran PPKN diharapkan dapat menumbuhkan sadar tertib lalu lintas sejak usia dini. Jika pilot project ini berhasil, kita akan gandang stakeholders di seluruh wilayah hukum Polres Mojokerto,\" tegasnya.

Dalam peresmian Kampung Lalu Lintas tersebut juga dilaksanakan penandatanganan MOU antara Polres Mojokerto dengan SDN Kebondalem terkait dimasukkannya pelajaran tentang tata tertib berlalu lintas ke dalam mata pelajaran PPKN Kurikulum 2013. [tin/but]

Tag : lalu lintas

Berita Terkait

Komentar

Kanal Peristiwa