Ini Peta Rawan Bencana di Jombang

Jum'at, 09 Nopember 2018 13:58:42
Reporter : Yusuf Wibisono
Ini Peta Rawan Bencana di Jombang

Jombang (beritajatim.com) - Kepala Pusat Meteorologi Publik,  Badan Meteorologi, Klematologi dan Geofisika (BMKG) Fahri Razak, membeberkan peta kerawanan bencana di Kabupaten Jombang, Jumat (9/11/2018).

Menurut Fahri, wilayah Jombang berada di zona patahan atau Sesar Waru. Sesar yang masih aktif itu merupakan bagian dari Sesar Kendeng yang memanjang mulai dari Flores hingga ke Bandung.

"Sesar waru ini memicu terjadinya gempa dengan potensi kekuatan yang cukup tinggi. Kami secara intens akan menyampaikan informasi awal tentang potensi gempa dan cuaca buruk ini melalui BPBD atau Basarnas  mulai dari setiap 1 bulan sekali hingga setiap 3 jam sekali", kata Fahri.

Selain gempa, lanjutnya, beberapa daerah juga dipetakan rawan bencana banjir dan longsor. Yakni, Kecamatan Wonosalam dan Bareng. "Dua wilayah itu berpotensi bencana longsor dan banjir," kata Fahri saat sosialisasi kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana, di Ruang Bung Tomo Pemkab Jombang.

Sementara itu, Kepala Basarnas Surabaya, Prasetyo Budiharto meminta kepada masyarakat agar siap dan siaga menghadapi setiap bencana. Menurutnya, bencana tidak perlu ditakuti tapi harus diyakini bahwa bencana pasti terjadi.

"Tanpa latihan dan ketidaktahuan, merupakan faktor penyebab timbulnya banyak korban saat terjadi bencana. kedepan kami akan bekerja sama dengan BPBD sampai untuk melatih masyarakat agar bisa mandiri menghadapi bencana", kata Prasetyo. [suf/ted]

Tag : bencana, jombang

Berita Terkait

Komentar

Kanal Peristiwa