Longsor, Jalur Ponorogo-Trenggalek Ditutup Total

Jum'at, 09 Nopember 2018 08:05:21
Reporter : D. Istimora
Longsor, Jalur Ponorogo-Trenggalek Ditutup Total
foto: dokumen beritajatim.com

Ponorogo (beritajatim.com) - Jumat (9/11/2018) pagi jalur Ponorogo-Trenggalek ditutup total oleh pihak kepolisian. In akibat longsor yang terjadi di KM 16 Jalan Ponorogo-Trenggalek, masuk sekitar Nglinggis, Kecamtan Tugu, Trenggalek.

"Ya dari beberapa hari lalu ada hujan dan kemarin memang deras. Malam sampai dinihari tadi akhirnya ada longsor di jalur Nglinggis itu dan akhirnya dari sini kita tutup," ungkap Kapolsek Sawoo, AKP Edi Suyono, Jumat pagi.

Setelah ada koordinasi dengan Polsek Tugu, Polsek Sawoo pun memasang tanda penutup jalan di jalur menuju perbatasan yang juga mengarah ke lokasi longsor. Longsor sendiri terjadi di tebing yang merupakan bagian jalan yang saat ini sedang dalam pembangunan. Terdapat pekerjaan pengecoran di sekitar lokasi untuk membuat jalan semakin kokoh.

"Kabarnya pagi ini personel dari sana (Trengalek) akan turun untuk melakukan pembersihan. Kalau kami di sini hanya berjaga agar pelintas tidak menuju ke sana atau memutar saja," katanya.

AKP Edi tidak menyarankan untuk melintasi jalan alternatif di sekitar lokasi longsor. Pasalnya, jalur yang adalah makadam atau jalan yang terbuat dari batu-batu. "Alasannya ya jalan itu licin. Khawatir malah celaka. Lebih baik memutar saja kalau memang mau ke Trenggalek atau daerah lain yang sejalur. Lewat Madiun misalnya," ujarnnya memberi saran.

Wilayah tersebut merupakan perbukitan yang akhir-akhir ini rawan longsor. Beberapa kali hujan yang mengguyur wilayah tersebut dan mengakibatkan titik longsor beberapa kali kembali runtuh.

"Padahal jalur tersebut sebenarnya adalah jalan yang sedang diperlebar. Bagian atasnya (tebingnya) itu yang berguguran kalau ada hujan. Batu dan tanah menggelinding. Akhirnya tidak bisa dilewati. Nggak tahu sampai kapan penutupan ini. Begitu bersih ya dibuka lagi," ungkapnya.

Jalur Ponorogo-Trenggalek ini merupakan salah satu jalur penting karena mempersingkat perjalanan cukup signifikan di kedua wilayah ketimbang memutar melalui Madiun atau Pacitan. [dil/suf]

Tag : longsor

Berita Terkait

Komentar

Kanal Peristiwa