Haul KH Muhammad Kholil di Bojonegoro Ini Pesan untuk Remaja Muslim

Kamis, 08 Nopember 2018 13:25:30
Reporter : Tulus Adarrma
Haul KH Muhammad Kholil di Bojonegoro Ini Pesan untuk Remaja Muslim

Bojonegoro (beritajatim.com) - Salah satu yang menjadi syarat ibadah dan muamalah adalah aqil baligh. Seorang anak yang sudah baligh menjadi batasan amal dihitung pahala dan dosanya.

Sehingga, jika seorang remaja putra yang sudah masa baligh diharapkan untuk segera berkhitan agar tidak menjadi kendala dalam beribadah.

Hal itulah salah satu yang ingin di syiarkan dalam rangkaian acara peringatan Maulid Nabi Muhammad dan Haul KH Muhammad Kholil di Dukuh Balong, Desa Sendangrejo, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Kamis (8/11/2018).

Dalam rangkaian acara tersebut para santri menggelar khitanan massal bagi anak-anak di sekitar.

Pengasuh GoBook Taqrib, Kyai Ahmad Roziqin mengatakan, khitanan massal ini merupakan salah satu bentuk menuju aqil baligh bagi anak-anak, yang sudah menginjak dewasa agar tidak terkendala dalam menjalankan ibadah. Khitan ini, katanya, harus dilakukan sejak dini, karena berkaitan dengan syariat ibadah.

"Sebelum usia baliq anak-anak diharapkan sudah dikhitan, agar tidak terkendala sebelum melakukan ibadah," ujarnya.

Khitanan massal yang digelar kali pertama diikuti sebanyak 11 anak dari desa sekitar. Khitanan massal ini, kata dia, merupakan rangkaian acara perayaan Maulid Nabi Muhammad dan Haul KH Muhammad Kholil yang menjadi salah satu ulama penyebar agama islam di wilayah Bojonegoro.
 
"GoBook Taqrib berusaha menjadi bermanfaat bagi masyarakat sekitar, juga melaukan syiar agama islam," ungkapnya.

Sekadar diketahui, dalam rangkaian peringatan tersebut peserta khitanan massal juga dihibur dengan pertunjukan musik patrol. Mereka terlihat menikmati gelaran musik yang biasa digunakan membangunkan orang untuk makan sahur saat bulan Ramadhan itu. [lus/ted]

Tag : bojonegoro, haul

Berita Terkait

Komentar

Kanal Peristiwa