Awas! Sekitar DAS Sadar Rawan Banjir

Kamis, 08 Nopember 2018 07:21:03
Reporter : Misti P.
Awas! Sekitar DAS Sadar Rawan Banjir
foto: dokumen beritajatim.com

Mojokerto (beritajatim.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto memetakan daerah rawan terjadi banjir di wilayah Kabupaten Mojokerto. Berdasarkan peta kebencanaan, kawasanrawan banjir berada di desa-desa sekitar daerah aliran sungai (DAS) Sadar.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan,  daerah rawan banjir di wilayah Kabupaten Mojokerto masih sekitar Sungai Sadar. "Aliran Sungai Sadar melewati Kecamatan tiga kecamatan yakni Mojoanyar, Mojosari dan Bangsal," ungkapnya, Kamis (8/11/2018).

Masih kata Zaini, di tiga kecamatan tersebut ada beberapa desa yang rutin terendam banjir saat hujan tiba. Selain di tiga kecamatan tersebut, lanjut Zaini, Kecamatan Pungging dan Ngoro juga menjadi salah satu daerah yang masuk dalam peta daerah rawan banjir di wilayah Kabupaten Mojokerto.

"Banjir di wilayah ini diakibatkan dari luberan air dari Sungai Ketok, di Desa Kembangsri, Kecamatan Ngoro, air dari selokan juga sering meluber ke jalan raya. Sementara di utara sungai, daerah rawan banjir yakni di Desa Banyulegi, Kecamatan Dawarblandong. Ini karena luberan air dari aliran Sungai Bengawan Solo," katanya.

Pihaknya berharap, warga sekitar daerah rawan banjir dapat mengantisipasi luberan air sungai saat musim hujan dengan cara menjaga kebersihan sungai dari sampah dan mengenali tanda-tanda peningkatan volume air sungai agar bisa melakukan evakusai barang-barang di rumah lebih awal. [tin/suf]

Tag : banjir

Berita Terkait

Komentar

Kanal Peristiwa