Soal Konstruksi dan Bangunan Tahan Gempa, Pakar UI Berbagi Ilmu

Selasa, 06 Nopember 2018 20:47:54
Reporter : Misti P.
Soal Konstruksi dan Bangunan Tahan Gempa, Pakar UI Berbagi Ilmu

Mojokerto (beritajatim.com) - Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga rawan akan gempa. Pakar gempa dari Universitas Indonesia, Jakarta pun berbagi ilmu dengan kontraktor dan developer di salah satu hotel di Kota Mojokerto, Selasa (6/11/2018).

Dengan topik tentang Sistem Konstruksi Gempa dan Bangunan Tahan Gempa, Dr Ing Josia Irwan Ristandi, ST., M.T.,IP-U menjelaskan, terkait kontruksi bangunan yang rusak akibat bencana gempa bumi. "Maidset jangan, itu kuat. Karena itu belum ada masalah," ungkapnya.

Masih kata Josia, konstruksi rumah tahan gempa harusnya dinding dari bata dan dilengkapi dengan kolom-kolom pengikat yang bisa menjaga agar dinding tak roboh meskipun terkena guncangan. Elemen kolom beton bertulang yang dipasang di beberapa kolom batako. Sistem ini membentuk satu ikatan yang utuh dengan pengikat lainnya.

"Selama ini, biasanya dinding bata hanya diberi pengikat yang kurang memadai sehingga mudah lepas ketika ada guncangan. Bentuk pondasi juga bermacam-macam tergantung jenis tanah. Pondasi yang kompak yakni pakai batu kali dan di atasnya dinding dan dikasih tulangan yang keluar, dan itu akan membuat kompak bangunan," lanjutnya.

Bahan penyusun atap bangunan juga harus diperhatikan, namun sebaiknya atap menggunakan bahan yang ringan. Pakar gempa tersebut dihadirkan Holcim di Kota Mojokerto, sekaligus untuk memperkenalkan produk andalannya. Menyusul, meningkatnya jumlah proyek properti serta pembangunan berbagai sarana infrastruktur di Kota Mojokerto.
Ada tiga produk Mortar yang diperkenalkan yakni Holcim Pasangan, Holcim Plesteran dan Holcim Acian. Head of Customer Marketing PT Holcim Indonesia Tbk, Johanna Daunan mengatakan, inovasi dan solusi terus dikembangkan PT Holcim Tbk.

"Tujuannya tidak lain yakni untuk menghasilkan produk-produk terbaik yang dapat memberikan nilai tambah serta menjawab tantangan di dunia konstruksi. Holcim Mortar merupakan wujud komitmen PT Holcim Tbk kami untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam," ujarnya.

Khususnya dalam efisiensi waktu pekerjaan dan hasil akhir yang sempurna. Juga untuk memberikan kemudahan kepada konsumen dalam mendapatkan produk Holcim dengan memastikan ketersediaan barang serta layanan antar langsung di seluruh area Jawa Timur.

"Mojokerto merupakan salah satu kota di Jatim yang terus tumbuh serta memiliki potensi. Produk andalan Holcim mendukung perkembangan Mojokerto yang sedang aktif melakukan pembangunan infrastruktur fisik baik proyek pemerintah maupun perumahan," pungkasnya. [tin/but]

Tag : gempa bumi

Berita Terkait

Komentar

Kanal Peristiwa