Hari ke-8 Gempa di Pulau Sapudi

Bupati Kunjungi Korban dan Serahkan Bantuan

Kamis, 18 Oktober 2018 19:12:05
Reporter : Temmy P.
Bupati Kunjungi Korban dan Serahkan Bantuan


Sumenep (bertajatim.com) -
Bupati Sumenep mengunjungi korban gempa di Pulau Sapudi setelah hari kedelapan gempa terjadi, sekaligus menyerahkan bantuan.

"Warga yang menjad korban bencana, jangan terlalu cemas. Tetap saja bekerja seperti semula," katanya Kams (18/10/2018)

Bupati ke lokasi gempa bersama tim BPBD Sumenep, BPBD Jawa Timur, serta Dunas Sosial Sumenep. Salah satu rumah yang dikunjungi adalah rumah Rahmawi, di Dusun Jambusok, Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Pulau Sepudi.

Selain itu, Bupati menemui warga yang ada di tenda penampungan, kemudian menyerahkan bantuan secara simbolis di Kantor Kecamatan Gayam.

Di tenda penampungan, Bupati mengajak para korban gempa untuk membaca sholawat bersama-sama. Kemudian Bupati juga bercerita tentang kisah Nabi Ayub.

"Jangan lupa berdoa setelah sholat. Jangan cemas, jangan panik. Memohon kepada Allah, supaya tidak ada musibah lagi," ucapnya.

Bupati juga memnta agar para korban gempa sabar dan menguatkan mental, agar tidak terus-menerus dilanda rasa cemas. Pemerintah akan membantu semaksimal mungkin, termasuk soal kerusakan rumah.

"Warga tidak perlu panik. Silahkan beraktifitas seperti sedia kala. Pemerintah akan membantu hingga kondisi kembali pulih," ucapnya.

Ia menjamin stok bahan makanan dan air bersih untuk warga cukup. Mengingat bantuan dari pemerintah dan pihak-phak lain terus mengalir.

"Jangan khawatir, bahan makanan cukup. Semen juga banyak, sumbangan dari pihak-pihak terkait. Ini ada bantuan tandon. Air bersihnya juga siap diisi selama 1 bulan ini," ucapnya.

Pada Kamis dini hari, pukul 01.44 WIB, terjadi gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 6,3. Episenter gempa bumi berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Situbondo. Hasil monitoring BMKG, sempat terjadi lagi gempa susulan dengan magnitudo 3,4 pada pukul 02.30 WIB.

Daerah terparah yang mengalami kerusakan akibat gempa tersebut adalah Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep. Ratusan rumah rusak. Puluhan warga luka-luka, dan tiga warga meninggal akibat tertimpa reruntuhan rumah. (tem/ted)

Tag : gempa bumi

Berita Terkait

Komentar

Kanal Peristiwa