Getaran Gempa Terasa di Tuban, Warga Terbangun dari Tidur

Kamis, 11 Oktober 2018 13:40:47
Reporter : M Muthohar
Getaran Gempa Terasa di Tuban, Warga Terbangun dari Tidur

Tuban (beritajatim.com) - Meski berada di pesisir laut utara, sejumlah warga masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Tuban juga sempat merasakan getaran kecil akibat terjadinya gempa bumi yang bersumber di wilayah Kabupaten Situbondo, Kamis (11/10/2018).

Gempa dengan kekuatan 6.4 SR di 61 kilometer timur laut Situbondo tersebut sempat membuat warga kaget dengan terjadinya getaran dini hari tadi. Bahkan sejumlah warga yang merasakan getaran gempa itu langsung bangun dari tidur dan keluar rumah.

Salah satu warga yang mengaku merasakan getaran akibat adanya gempa itu itu adalah Sulani (52), warga Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Sulani yang saat itu tidur terbangun lantaran merasakan getaran sekitar pukul 01.45 Wib dini hari tadi.

"Getarannya terasa sampai di sini, saya lalu terbangun dari tidur," ujar Sulani, salah satu warga yang merasakan adanya gempa tersebut.

Lantaran, penasaran dengan apa yang terjadi, membuat Sulani langsung keluar dari dalam rumahnya. Ia ingin mencari tahu apa penyebab pasti dari getaran yang dirasakannya selama beberapa detik.

"Ya langsung keluar rumah. Banyak juga yang keluar rumah," tambahnya.

Terkait dengan terjadinya getaran yang dirasakan oleh warga akibat adanya gempa di Situbondo itu juga dibenarkan oleh pihak BMKG Tuban. Namun, kekuatan getaran yang terjadi di wilayah Kabupaten Tuban terbilang sangat kecil dengan diibaratkan seperti getaran saat ada truk besar melintas.

"Gempa yang terasa di Tuban getarannya antara 2 sampai 3 MMI," terang Desindra Deddy Kurniawan, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III BMKG Tuban.

Sementara itu, mesti getarannya terasa, sampai sejauh ini belum ada laporan adanya kerusakan akibat kejadian tersebut. Sedangkan, dihimbau kepada masyarakat Tuban untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh ketika terdapat isu-isu tentang gempa yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.[mut/ted]

Tag : gempa bumi

Berita Terkait

Komentar

Kanal Peristiwa